Wisata Pulau Gusung Toraja Kurang Terurus

  • Whatsapp
Wisata Pulau Gusung Toraja Kurang Terurus
Toilet objek wisata Pulau Gusung Toraja dikeluhkan pengunjung.

POLEWALI, SULBAREXPRESS.CO.ID – Pulau pasir putih Gusung Toraja adalah salah satu dari sekian banyak destinasi wisata maritim favorit ketika berada di Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar.

Sayangnya, fasilitas umum dan kebersihan pada pulau kecil seukuran lapangan bola tersebut kondisinya menyedihkan kurang terawat. Terlebih pada dua kamar toilet yang disediakan bagi pengunjung yang sudah setahun kurang terurus.

Satu dari dua kamar toilet tersebut dilengkapi toilet jongkok untuk Buang Air Besar (BAB). Namun ketika pengunjung masuk pada kamar toilet tersebut aroma busuk menyengat langsung terasa. Keran air rusak, berlumut hitam tebal dan kerap buntu, kondisi itu diperparah dengan sampah plastik yang bertebaran dimana-mana hingga ke pesisir pantai sekitar kamar toilet.

Salah satu pengunjung Pulau Gusung Toraja berinisial DR terpaksa mengurungkan hajatnya untuk BAB lantaran toilet kondisinya sangat jorok. Kotor, berbau, dan tak memenuhi syarat standar kesehatan.

‚ÄúTadi saya mau BAB, tapi pas lihat toiletnya kayak begitu, jadi jijik,” paparnya saat ditemui, Sabtu 21 November.

Ia berharap Pemkab Polman serius menata kebersihan toilet tempat wisata favorit tersebut. Apalagi bila pengunjung diharuskan bayar karcis masuk.

“Bagaimana mau tingkatkan kunjungan wisata kalau begitu,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Bidang Promosi Wisata Dispop Polman, Aco Rifai mengungkapkan memang untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata, salah satunya melengkapi sarana dan prasarana objek wisata kemudian gencar dipromosikan.

“Cuma ada kendala dari kami misalnya pendanaan dan sebagainya karena kita terbatas, karena mesti ada dana kita pakai. Tapi saya tidak berhak jika mengenai masalah itu,” tuturnya melalui sambungan selulernya. (ali/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *