Anggaran BLT-DD Terancam Hangus

  • Whatsapp
Anggaran BLT-DD Terancam Hangus
Masyarakat tampak mengantre saat proses penyaluran BLT-DD.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Masih banyak desa yang belum memaksimalkan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap III. Padahal anggaran tersebut harus segera disalurkan, sebelum batas waktunya berakhir.

Kabid Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Kanwil Ditjen Perbendaharaan Negara (DJPb) Sulbar, Ikhwan Mahmud menyebutkan, sampai saat ini tercatat sebanyak 211 desa yang belum menyalurkan BLT-DD hingga 10 Desember. Sementara batas penyaluran berkahir pada 13 Desember.

“Kalau tidak tersalur itu terancam hangus. Jadi tidak bisa disalurkan lagi,” kata Ikhwan, Kamis 10 Desember.

Selain itu beberapa kendala yang menyebabkan lambatnya penyaluran tersebut disebabkan pemerintah desa bersangkutan belum menyelesaikan laporan pertanggungjawaban realisasi dan penggunaan DD tahun 2019.

Selain itu Perubahan Peraturan Bupati (Perbup) tentang DD yang belum juga diselesaikan oleh pemerintah kabupaten.

“Seperti di Polman satupun belum tersalur, dan lebih penting diperhatikan itu Perbupnya masih sementara diharmonisasi di kementerian,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menegaskan, agar penyerapan anggaran tidak lagi menggunakan pola lama. Menumpuk diakhir tahun.

Sehingga ia berharap, perlunya percepatan realisasi dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD)

“Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam hal penanganan sektor ekonomi di tengah pandemi. Salah satunya melalui BLT-DD, sangat membantu masyarakat di pedesaan yang kehilangan pendapatan akibat kebijakan pembatasan sosial atau lockdown serta Work From Home (WFH) selama masa pandemi,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *