Ekonomi Sulbar Tahun 2021, Diproyeksi Tumbuh Hingga 6 Persen

  • Whatsapp
Ekonomi Sulbar Tahun 2021, Diproyeksi Tumbuh Hingga 6 Persen
Kepala KPw BI Sulbar Budi Sudaryono menyampaikan pemaparan pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) di Hotel Grand Maleo Mamuju, Kamis 3 Desember 2020.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Kinerja ekonomi Provinsi Sulawesi Barat tahun 2021 diprediksi membaik. Tumbuh pada kisaran angka 4 hingga 6 persen (yoy).

Proyeksi pertumbuhan ekonomi tahun depan memberikan angin segar jika dibandingkan dengan catatan pertumbuhan ekonomi tahun 2019. Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Sulbar Budi Sudaryono menjelaskan kondisi makroekonomi tahun 2020.

Kata Budi terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Barat dari 5,66 persen pada tahun 2019 menjadi -0,56 persen (ctc) pada triwulan III tahun 2020.

“Penurunan paling besar diakibatkan oleh penurunan pada sektor konsumsi rumah tangga, pertanian, dan ekspor,” kata Budi Sudaryono pada acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) di Hotel Grand Maleo Mamuju, Kamis 3 Desember.

Namun demikian, sambung Budi Sudaryono, tahun depan prospek ekonomi provinsi ke-33 ini diprediksi akan membaik. Ini seiring dengan program kebijakan yang akan dilakukan pemerintah daerah dan semua stakeholder.

“BI juga mengambil peran dalam proses perbaikan ekonomi kedepan. Setidaknya ada empat kegiatan utama yang akan kami lakukan,” imbuh Budi Sudaryono.

Dikatakan, empat kegiatan yang akan dilakukan KPw BI Sulbar antara lain, penyusunan rekomendasi kebijakan, pengembangan UMKM, implementasi sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, serta pengembangan klaster komoditas volatile food.

Selain itu, Bank Indonesia juga berkolaborasi dengan berbagai instansi terkait untuk menciptakan pola kerja kreatif demi tercapainya target pembangunan Sulawesi Barat yang maju dan malaqbi.

Di tempat yang sama, Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengajak semua pihak untuk ikut bersama-sama membangun ekonomi daerah. Menurut Gubernur, kerja kolaboratif dalam pembangunan ekonomi daerah sangat penting dilakukan.

“Targetnya semoga pertumbuhan ekonomi kedepan bisa semakin baik. Meskipun kita sadari pandemi Covid-19 saat ini banyak memberikan dampak pada ekonomi, semoga tahun depan sudah semakin baik,” tandas Gubernur. (sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *