Ombudsman Sulbar Terima Lima Top Pangaduan di Tahun 2020

  • Whatsapp
Ombudsman Sulbar Terima Lima Top Pangaduan di Tahun 2020

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Jelang akhir tahun, Ombudsman Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat merilis hasil lima top pengaduan laporan selama tahun 2020.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Barat, Lukman Umar mengatakan lima top laporan tersebut adalah hasil pengawasan yang telah dilakukan.

“Selama 2020, Ombudsman menyelesaikan lima Top pengaduan, yaitu terkait Jaminan Sosial (Jamsos), Agraria atau Pertanahan, Pendidikan, Kepegawaian, dan Desa,” kata Lukman. Rabu 30 Desember.

Ia menjelaskan lima top pengaduan tersebut, terlihat berdasarkan presentase di masing-masing subtansi pengaduan. Untuk Jamsos sebesar 5 persen, Agraria/Pertanahan 7 persen, Pendidikan 9 Persen, Kepegawaian 16 Persen dan Desa sebesar 27 persen.

Menurutnya, mayoritas subtansi laporan untuk di desa yaitu terkait pemberhentian dan pengangkatan perangkat desa, pelayanan administrasi, kejelasan aset desa, transparansi dana desa, pengajian kader posyandu desa, serta pembangunan jalan dusun.

Selain itu, Lukman Umar juga menjelaskan hasil terkait pengaduan terhadap instansi baik di pemerintahan dan BUMN.

Dimana Ombudsman menerima laporan pengaduan terbanyak masih diduduki oleh instansi pemerintahan.

“Untuk instansi terlapor tertinggi di Pemerintah Daerah 61 persen, BUMN /BUMD 7 persen, instansi pemerintah /kementrian 7 persen, badan swasta 5 persen, serta kepolisian 4 persen,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *