Paslon Diminta Turunkan Atribut Kampanye

  • Whatsapp
Paslon Diminta Turunkan Atribut Kampanye
Ahmad Amran Nur

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Berdasarkan tahapan pilkada 2020, mulai tanggal 6 Desember sudah dilarang melakukan aktivitas kampanye. Selain itu, pada masa tenang KPU meminta kepada pasangan calon (Paslon) menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) atau Bahan Kampanye (BK).

Komisioner KPU Mamuju, Ahmad Amran Nur meminta para pasangan calon untuk tunduk dan patuh pada time line tahapan pilkada serentak tahun ini. Para pasangan calon, kata Amran, baiknya memberi edukasi politik kepada publik dengan menurunkan secara suka rela setiap atribut kampanye yang masih terpasang.

“Kami berharap, para paslon untuk dapat memberi contoh yang baik kepada publik. Sekarang kan sudah masuk masa tenang, baiknya semua APK atau BK itu ditertibkan,” harap Amran, Komisioner KPU Mamuju divisi sosialisasi, Parmas dan SDM itu.

Penyelenggara, sambung Amran, saat ini sedang disibukkan dengan agenda pendistribusian logistik pilkada. Suka rela menertibkan atribut kampanye oleh masing-masing pasangan calon adalah perwujudan komitmen bersama dalam pelaksanaan pilkada yang mandiri, adil, cerdas, demokratis dan aman (MACOA).

“Jadi kami harapkan untuk atribut kampanyenya itu mohon untuk ditertibkan secara suka rela. Jangan sampai hanya karena persoalan tersebut justru mengganggu fokus teman-teman kami di lapangan yang saat ini sedang disibukkan dengan agenda pendistribusian logistik pilkada,” imbuh Amran.

Untuk diketahui, KPU, Bawaslu, Satpol PP Mamuju bersama aparat dari Dandim 1418 Mamuju serta dari Polresta Mamuju menggelar patroli penertiban atribut kampanye pada Sabtu malam 5 Desember. Kecamatan Mamuju dan Simboro jadi titik pelaksanaan patroli yang berlangsung hingga dini hari tersebut.

Menurut Ahmad Amran Nur, mengatakan hal itu dilakukan sesuai mekanisme dan aturan yang ada dalam PKPU.

“Sesuai PKPU, KPU wajib melaksanakan koordinasi dengan stakeholder terkait dengan pembersihan dan penertiban atribut kampanye,” kata Amran.

Selain itu, seluruh petugas yang ada di setiap kecamatan di Kabupaten Mamuju juga mulai bergerak untuk menertibkan APK dan BK yang masih terpasang.

“Seluruh petugas yang ada di kecamatan juga mulai menertibkan seperti di Sampaga, Papalang, dan beberapa kecamatan lainya mulai bergerak,” jelasnya.

Sementara Komisioner Bawaslu Divisi Pengawasan, Mustikawati mengatakan pihaknya telah melakukan penurunan baliho yang ada di posko masing-masing paslon. “Posko rata-rata sudah kami tertibkan,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *