Sempat Tertunda Karena Cuaca, SOE II Boyong Belasan Pemuda

  • Whatsapp
Sempat Tertunda Karena Cuaca, SOE II Boyong Belasan Pemuda
Persiapan pemberangkatan ekspedisi pelayaran ke Kepulauan Balabalakang oleh Komunitas Rintara Jaya Sulawesi Barat.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Ketiga kalinya Komunitas Rintara Jaya Sulawesi Barat mengadakan ekspedisi pelayaran ke Kepulauan Balabalakang.

Kegiatan bertajuk Sulbar Ocean Expedition (SOE) tersebut kali ini fokus di Pulau Salissingang, ibukota Kecamatan Balabalakang yang juga pulau berpenghuni Provinsi Sulawesi Barat paling dekat ke Provinsi Kalimantan Timur.

Peserta SOE berasal dari empat kabupaten di Sulawesi Barat, yakni Polewali Mandar, Majene, Pasangkayu dan Mamasa. Rencana awal diikuti 25 peserta, belakangan hanya diikuti 16 peserta yang terdiri dari sembilan perempuan, tujuh laki-laki. Pendiri komunitas Laut Biru, Putra Ardiansyah juga ikut SOE.

Tim SOE berangkat 27 Desember malam, sebelumnya direncanakan 25 Desember lalu. Tertunda sebab Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tentang cuaca buruk.

Pelayaran menggunakan kapal perintis KM Shanelin yang menempuh rute Mamuju – Balabalakang – Balikpapan.

Peserta SOE Jilid II dilepas oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Barat Fadli Syamsudin, pada tanggal 23 Desember 2020. Juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Sulbar Farid Wajdi.

Peserta mengucapkan banyak terima kasih kepada instansi yang mendukung, khususnya Gubernur Sulawesi Barat.

“Sewaktu melakukan audiensi, Bapak Gubernur Ali Baal Masdar mengintruksikan kepada stafnya untuk membantu dukungan dana Rp28.000.000 sesuai jumlah proposal kami dari dinas-dinas di lingkungan Provinsi Sulawesi Barat. Tapi menurut staf beliau yang mengurus hal tersebut, karena beberapa kepala dinas tidak ada di tempat, yang terkumpul Rp 20.000.000 saja. Mudah-mudahan dukungan tersebut mencukupi,” kata koordinator SOE Jilid III, Nasaruddin. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *