KH. Syibli Sahabuddin Kembali Pimpin PKB Sulbar

  • Whatsapp
KH. Syibli Sahabuddin Kembali Pimpin PKB Sulbar

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Provinsi Sulawesi Barat menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) ke-IV tahun. Hasilnya PKB Sulbar kembali dipimpin KH. Syibli Sahabuddin.

Wakil Sekretaris Jendral DPP PKB Risharyudi Triwibowo, mengatakan DPP PKB memiliki mekanisme baru yaitu monev dan evaluasi kinerja baik tingkat provinsi hingga kabupaten se Indonesia.

“Evaluasi kinerja dilakukan pertiga bulan sekali ada evaluasi terkait masalah administrasi, terkait masalah organisasi, juga pelaporan keuangan dan lain sebagainya seperti masalah fraksi-fraksi di daerah,” kata Triwibowo di Hotel Matos Mamuju, Sabtu 9 Januari 2021.

Menurutnya, pemilihan kali ini agak berbeda dibandingkan  beberapa tahun kebelakang, dimana PKB melaksanakan musyawarah wilayah hampir sama dengan beberapa partai politik secara nasional yaitu satu DPC satu suara.

“Tapi kali ini dilakukan monitoring evaluasi berdasarkan kinerja tiga bulan selama lima tahun dan hasilnya DPP menarik kesimpulan lanjutkan atau ganti orang,” ujarnya.

Sementara KH Syibli Sahabuddin menjelaskan terkait hasil evaluasi yang dilakukan oleh DPP dimana hasil yang didapatkan Sulbar masuk peringkat ke 14 seluruh Indonesia.

“Jadi saya anggap ini merupakan satu prestasi di wilayah timur Indonesia karena banyak wilayah yang meskipun kita baru tetapi kita sudah bisa kerja maksimal mendapatkan prestasi seperti itu,” ucapnya.

Menurutnya, kedepan kepengurusan PKB harus lebih baik. Karena memang PKB sekarang tidak  lagi melakukan pemilihan pasca Muktamar Bali.

“Sistem pemilihan di PKB itu mengacu pada musyawarah dan mufakat,” jelasnya.

Sementara Ketua Panitia Muswil Muhammad Abid, menjelaskan  berdasarkan hasil Munas PKB di Bali, PKB tidak lagi melakukan pemilihan. Tetapi, DPP melakukan evaluasi kinerja terhadap kepemimpinan yang ada di setiap wilayah termasuk Sulawesi Barat. Dan monev tersebut telah dilaksanakan beberapa bulan lalu.

“Jadi monitoring kinerja itu adalah tahapan dari Muswil dan hasil evaluasi kinerja itu, keluar rekomendasi bahwa kepengurusan hari ini itu dianggap cukup berhasil, maka lahirlah rekomendasi untuk melanjutkan melalui musyawarah wilayah,” kata Abid usai pembukaan Muswil.

“Jadi hari ini itu tidak ada proses pemilihan, tetapi adalah pelantikan atau pengukuhan dan proses itu akan dilaksanakan malam hari (Sabtu malam, red) Ketua sekarang aklamasi, bersama Sekertaris, paling yang berubah itu adalah departemen- departemen,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *