Ribuan Rakyat Sulbar Terima Setifikat

  • Whatsapp
Ribuan Rakyat Sulbar Terima Setifikat
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyerahkan sertifikat kepada masyarakat penerima, Selasa 5 Januari 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar,
menyerahkan sebanyak 4.538 sertifikat. Hal itu sebagai bagian dari kepedulian pemerintah terhadap pemenuhan atas hak tanah bagi masyarakat.

Penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan secara virtual serentak se Indonesia oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil.

Ali Baal Masdar, sangat mengapresiasi kerja dari jajaran Kanwil BPN Sulawesi Barat khususnya yang berada di seluruh kabupaten di Sulawesi Barat.

Ia menjelaskan, pada tahun 2020, Sulbar melalui Kanwil BPN Sulawesi Barat mendapatkan target program pendaftaran tanah secara sistematis lengkap atau PTSL sebanyak 14.493 bidang. Sedangkan untuk penerbitan hak atas tanah 18.595 untuk target penerbitan peta tanah.

“Untuk hari ini diserahkan kepada perwakilan penerima sebanyak 4.538 sertifikat,” kata Ali Baal.

Menurutnya dibandingkan pada tahun sebelumnya terjadi penurunan target akibat pandemi Covid-19. Ia berharap sertifikat tersebut agar dipelihara dengan baik, sebab dokumen tersebut merupakan kepastian atas hak tanah bagi pemilik.

Selain itu, dengan adanya sertifikat tersebut agar dapat menjaga dan memanfaatkan dengan baik tanah yang dimiliki.

“Sehingga dapat menunjang kesejahteraan keluarga, jangan hanya bangga milik tanah, tapi tidak menghasilkan nilai tambah karena tidak di manfaatkan,” ujarnya.

Sertifikat tersebut, lanjut Ali Baal, juga dapat dijaminkan sebagai bukti kepemilikan hak atas tanah, untuk memenuhi kebutuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Dapat dijadikan jaminan untuk membiayai kegiatan usaha yang akan menunjang peningkatan kesejahteraan,” jelasnya.

Pada penyerahan tersebut dihadiri langsung Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Barat, Herjon Panggabean, bersama jajaran unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Barat. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *