UNM Salurkan Bantuan untuk Sulbar

  • Whatsapp
UNM Salurkan Bantuan untuk Sulbar

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Bantuan logistik untuk korban gempa terus mengalir, salah satunya datang dari Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam.

Menurutnya, bantuan tersebut diserahkan melalui tim UNM Tanggap Bencana sebagai wujud kepeduliannya terhadap korban gempa di Provinsi Sulawesi Barat.

“Bantuan yang saya bawa ada enam truk, dua saya simpan di Majene, empat di Mamuju. Bantuan itu sesuai kebutuhan masyarakat,” kata Prof Husain Syam, Rabu 20 Januari.

Menurutnya, Bantuan logistik yang dibawa berupa tenda, susu, beras, popok bayi, air, selimut, mi instan, sarung, dan perlengkapan salat. Selain rektor, ikut mendampingi para pimpinan fakultas dan unit lembaga dalam lingkup UNM.

Ia mengungkapkan, bantuan tersebut bukan yang pertama dan terakhir tetapi masih akan ada bantuan berikutnya. Kemudian bantuan tersebut merupakan langkah UNM untuk mengambil bagian dalam kerja-kerja kemanusiaan.

“Ini panggilan kemanusiaan, tanpa ada yang memanggil kita semua kita hadir, seluruh unsur pimpinan yang ada di UNM, saya tidak pernah mengatakan ayuk para dekan kita berdonasi, tapi ini secara otomatis terkumpul. Sudah terbangun kultur di UNM tanpa diajak mereka menjadi bagian dari kerja-kerja kemanusiaan,” jelasnya.

Ia menjelaskan, untuk penyaluran sistem penyaluran yang dilakukan melalui pemerintah juga melalui tim UNM langsung.

“Di Majene diterima Kepala Dinas Sosial secara kelembagaan, terus empat truk di Mamuju dan dua truk diserahkan di Pemprov Sulbar,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya secara pribadi dan kelambagaan berbelasungkawa atas korban meninggal akibat gempa yang melanda Sulawesi Barat.

Prof Husain yang juga merupakan salah satu putra terbaik asal Sulbar itu berencana akan memberikan layanan trauma healing kepada korban gempa sehingga mendapatkan stabilisasi emosi melalui Fakultas Psikologi UNM.

“Kita juga memeprisapkan tim konsultasi sikologis, trauma healing. Menghilangkan hal-hal negatif dan menstabilkan emosi masyarakat,” tandasnya.

Sebelumnya diketahui, UNM memberikan bantuan bagi mahasiswa UNM baik S1, S2 dan S3 korban bencana alam berupa pembebasan uang kuliah tunggal (UKT) semester genap 2020/2021.

Ia juga memastikan seluruh tim yang ikut menuju Sulbar bebas dari Covid-19. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *