KPU Tetapkan Tina-Ado Pemenang Pilkada, Pelantikan Kepala Daerah Digelar Serentak

  • Whatsapp
DPRD-Mamuju-OK
Ketua DPRD Mamuju Azwar Anshari Habsi menandatangani berita acara rapat paripurna pengusulan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju terpilih pilkada 2020, Senin 22 Februari 2021.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Tahapan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 sudah berakhir. Selanjutnya akan dilakukan agenda pelantikan serentak secara virtual pada tanggal 26 Februari mendatang.

Untuk pilkada Mamuju, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju, resmi menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati St Sutinah Suhardi dan Ado Mas’ud sebagai pasangan dengan suara terbanyak mengalahkan lawanya. Penetapan dilakukan dalam rapat pleno KPU Mamuju pada Minggu malam 21 Februari 2021, di halaman kantor KPU Sulbar.

Bacaan Lainnya

Dalam penetapan KPU, pasangan Tina-Ado memperoleh suara 76. 627 atau 53,3 persen dari total suara. Angka itu menggungguli kompetitornya paslon petahana, Habsi-Irwan dengan suara 67.029 atau 46,7 persen.

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkan mengatakan, rapat pleno yang digelar merupakan rangkaian proses dari tahapan akhir pilkada Mamuju, dengan menetapkan pasangan calon peraih suara terbanyak. Sesuai PKPU No 5 tahun 2020.

“Ini merupakan pleno terakhir dari seluruh rangkaian tahapan pilkada serentak tahun 2020,” kata Hamdan.

Ia menambahkan, selanjutnya KPU akan menyurat ke DPRD untuk melaksanakan pengesahan dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju terpilih.

Hamdan menjelaskan, meski tahapan pilkada harus selesai di Mahkamah Konstitusi, namun menurutnya itu adalah bagian dari proses demokrasi.

Ia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah menyukseskan pilkada serentak 9 Desember 2020. Sehingga bisa berjalan lancar.

Usai penetapan oleh KPU, DPRD Mamuju, menggelar rapat paripurna pengumuman penetapan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih hasil pilkada 2020, Senin 22 Februari 2021.

Paripurna yang digelar di tenda halaman kantor DPRD Mamuju, dipimpin ketua DPRD Azwar Anshari Habsi bersama Wakil Ketua Syamsuddin Hatta dan Plh Bupati Mamuju Suaib Kamba.

Azwar menjelaskan pemilihan calon bupati dan wakil bupati 2020 telah selesai dilaksanakan, meski hasil itu harus berlanjut ke Mahkamah Konstitusi dan KPU Mamuju telah melaksanakan rapat pleno penetepan hasil.

“Hari ini Senin 22 Februari 2021, DPRD Mamuju mengusulkan pengesahan dan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju,” kata Azwar saat memimpin rapat.

Ia menambahkan, dengan berakhirnya pemilihan langsung yang dilaksanakan oleh KPU, ia mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat terkhusus kepada KPU dan seluruh jajaranya, Bawaslu, Kodim 1418 Mamuju dan Polresta Mamuju yang secara bersama ikut menyukseskan pilkada sehingga bisa berjalan lancar dan aman.

Dengan begitu ia berharap tidak ada lagi perselisihan antara pendukung paslon 01 dan 02 yang ada saat ini menurutnya adalah persatuan.

Ia mengaku akan menjaga stabilitas dan kerja sama demi membangun daerah Mamuju kedepan.

“Kami mengucapkan selamat kepada pasangan Sutinah Suhardi dan Ado Masud yang telah memenangkan pilkada semoga dapat membawa harapan besar agar jauh lebih baik kedepan,” bebernya.

Selain itu pihaknya mengaku, akan mengawal visi misi yang akan dituangakan dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Sementara Plh Bupati Mamuju Suaib Kamba, menuturkan setelah pengesahan dilakukan oleh DPRD selanjutnya ia akan meneruskan SK tersebut ke Gubernur Sulbar.

“Sesuai regulasi yang ada, ini sudah terpenuhi dari 11 persyaratan yang ada, itu ada di kabupaten 9 persyaratan sudah terpenuhi semua, masih ada dua persyaratan yang harus dibawa ke provinsi yaitu pengantar dari gubernur ke Kemendagri, dan hari ini (kemarin, red) akan kita bawa ke Gubernur,” jelasnya.

Ia mengaku terkait target pelantikan, akan digelar pada tanggal 26 Februari serentak di seluruh kabupaten di Indonesia.

“Insyaallah tanggal 26 ada pelantikan secara virtual untuk tempatnya rencananya mungkin akan di kabupaten bersangkutan,” kata Suaib.

Sementara Wakil Ketua DPRD Mamuju Syamsuddin Hatta mengatakan, dengan berakhinya seluruh tahapan pilkada maka pihaknya sisa menunggu tahapan pelantikan.

“Sekalipun sistemnya virtual, tetapi itu tidak menghilangkan antusias masyarakat Mamuju menanti bupati untuk bekerja lebih baik untuk Mamuju lebih keren,” tandasnya.(idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *