Pulihkan Ekonomi Sulbar, Percepat Perbaikan Infrastruktur Pelaku UKM

  • Whatsapp
Pulihkan Ekonomi Sulbar, Percepat Perbaikan Infrastruktur Pelaku UKM

FOTO: IDRUS IPENK
Salah satu pedagang di Pasar Regional Mamuju sedang melayani pembeli, Senin 15 Februari 2021.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Gempa yang mengguncang Sulawesi Barat pada Januari lalu memberikan dampak signifikan utamanya bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Ratusan pelaku UKM terpantau umumnya mengalami kerusakan akibat gempa, meski sejumlah pasar telah beroperasi.

Kepala Dinas Koperasi Industri Perdagangan dan UMKM Sulawesi Barat, Amir Maricar mengatakan terdapat ratusan pelaku UKM yang mengalami dampak langsung akibat gempa di Sulbar. Salah satunya bangunan dan barang milik pelaku UKM rusak.

Hal itu menurutnya membuat para pelaku UKM mengalami kerugian bahkan sampai ada yang tak mampu bangkit kembali dan memulai usahanya lagi.

“Data yang kami miliki, di dua kabupaten dan delapan kecamatan yaitu Majene tiga Kecamatan dan Mamuju lima kecamatan,” kata Amir, Senin 15 Februari 2021.

Sementara untuk pelaku UKM yang terdampak ada 654 UKM. Rincianya 555 UKM di Mamuju dan 99 di Majene. Selain para pelaku UKM, bencana gempa itu juga mengakibatkan 11 pasar mengalami rusak berat dan rusak ringan.

Seperti Pasar Regional Mamuju rusak berat, Pasar Sentral Mamuju rusak berat, Pasar Salletto rusak ringan, Pasar Passabu rusak berat, Pasar Sumare rusak ringan, Pasar Tappalang rusak berat, Pasar Botteng rusak sedang, Pasar Maleaya rusak berat, Pasar Malunda rusak sedang, Pasar Deking rusak ringan dan Pasar Salu Tambun rusak berat.

Sehingga menurutnya upaya pemerintah untuk memulihkan perekonomian pasca gempa di Sulbar, pemerintah sedang mengupayakan perbaikan infrastruktur perekonomian. Seperti melakukan perbaikan pasar dengan meminta bantuan anggaran pemerintah pusat melalui Kementrian Perdagangan.

Selain itu pihaknya sedang mengupayakan bantuan kepada para palaku UKM yang terdampak agar bisa kembali bangkit dalam mengembangkan usahanya. Sehingga ekonomi bisa pulih kembali.

“Kita sudah usulkan ke kementrian dan kita juga sudah melakukan rapat pansus pemulihan ekonomi bersama DPRD. Kita berharap ya, bisa dibantu dengan APBD,” ucapnya.

Sehingga ia berharap, pemulihan bisa secepatnya dilakukan dengan memberikan dukungan kepada para pelaku UKM.

“Semoga ini perekonomian berjalan kembali seperti sediakala, minimal bisa sama seperti sebelum gempa,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *