ASR Sebagai Simbol Jati Diri TNI

  • Whatsapp
ASR Sebagai Simbol Jati Diri TNI
LAUNCHING. Bupati Majene Lukman hadir pada Launching Tag Line Kodam XIV / Hasanuddin ASR, di Makodim 1401 Majene, Sabtu 27 Maret 2021.

MAJENE, SULBAR EXPRESS – Bupati Majene menyampaikan apreseasi kepada ajaran Kodam XIV Hasanuddin khususnya kepada Dandim 1401 Majene.

“Apa yang terjalin selama ini antara jajaran TNI dengan Rakyat itu tetap dipertahankan karena TNI dan Rakyat tetap manunggal maka NKRI tetap dalam situasi yang kondusif dan aman,” urai Lukman pada Launching Tag Line Kodam XIV / Hasanuddin “Aku Sahabat Rakyat” (ASR), di Makodim 1401 Majene, Sabtu 27 Maret.

Bacaan Lainnya

Lukman termotivasi dengan gerakan yang dilakukan jajaran TNI. “Hal ini akan menjadi sugesti bagi semua pihak untuk tetap bersatu dalam memperhatikan masyarakat yang mungkin saja hari ini dalam keadaan kesusahan akibat gempa dan Covid-19 yang masih berkepanjangan,” ungkapnya.

Dituturkan, ASR adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerjasama dan saling mendukung antara Prajurit Kodam XIV Hasanuddin dan rakyat. “Tag line Kodam XIV / Hasanuddin ASR, resmi diperkenalkan di Markas Kodim 1401 Majene,” jelasnya.

Dandim 1401 Majene Letkol Inf Yudi Rombe menjelaskan, tag line Kodam XIV / Hasanuddin ASR memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi (Prajurit dan Rakyat) dengan istilah “Sahabat” juga menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan, afeksi dan perasaan sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain.

“Sahabat ini juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar, nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang memperlihatkan perilaku yang beralasan berbalasan dan reflektif, namun bagi prajurit Kodam XIV Hasanuddin itu sendiri, persahabatan seringkali tidak lebih dari pada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti rakyat,” terangnya.

Dikatakan, nilai yang terdapat dalam persahabatan antara Prajurit Kodam XIV Hasanuddin dan rakyat, yakni kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain, simpati dan empati, kejujuran, barangkali dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi prajurit dan rakyat untuk mengucapkan kebenaran dan saling pengertian. “Prajurit Kodam XIV Hasanuddin akan selalu ada, kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi bagaimanapun untuk selalu menolong rakyat,” ungkapnya.

Yudi Rombe menyebut, launching tag line diselenggarakan dalam rangka memperkenalkan motto ASR sebagai simbol jati diri TNI, yaitu tentara rakyat yang berasal dari rakyat dan berjuang untuk rakyat. “Dalam hal ini Kodam XIV Hasanuddin memiliki peran yang sangat besar, yaitu selalu melekat di hati sanubari rakyat,” paparnya.

Ia berharap, tag line ASR dapat menambah spirit bagi prajurit Kodam XIV Hasanuddin untuk selalu siap membantu mengatasi kesulitan rakyat dimanapun berada sehingga TNI selalu ada di hati rakyat dan rakyat selalu di hati TNI.

“Kegiatan ini, ada 250 paket sembako dibagikan kepada masyarakat dengan melibatkan unsur TNI, Polri, Satpol PP dan Perhubungan Majene,” aku Dandim.

Ia menambahkan, sebagai bukti nyata gerakan ASR yang diluncurkan melalui kegiatan launching, maka Kodam XIV Hasanuddin akan melaksanakan bakti sosial berupa penyerahan paket sembako secara serentak kepada masyarakat di seluruh satkowil secara door to door. “Tentu dengan harapan semoga bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang kurang mampu,” harapnya.

Turut hadir dalam kegiatan Launching ASR, Wakapolres Majene Kompol Jufri, mewakili Ketua Pengadilan Negeri, Sekretaris Dinas Perhubungan dan Satpol PP Majene.(hfd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *