Balanipa Sisa Tunggu Moratorium Dicabut

  • Whatsapp
Balanipa Sisa Tunggu Moratorium Dicabut
Anwar Adnan Saleh

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Mantan Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh, menilai pemekaran Balanipa sisa menunggu pencabutan moratorium.

Menurutnya, pemekaran Balanipa merupakan sesuatu yang telah dianggap selesai, itu ketika dimasa Salim S Mengga menjadi Anggota DPR RI, dan dirinya sebagai Gubernur Sulbar. Hanya saja yang menjadi kendala pada saat itu adalah moratorium yang dilakukan oleh Presiden dengan tidak melakukan pemekaran daerah manapun.

“Sekarang kapan pemerintah membuka kembali Balanipa sudah harus masuk, karena ada 20 daerah kabupaten yang dipersiapkan termasuk Balanipa, ini saya yang tahu karena saya Gubernur waktu itu,” kata Anwar, Selasa 30 Maret 2021.

Anwar menjelaskan, bahwa dibutuhkan keterlibatan seluruh pihak dalam mendukung pemekaran Balanipa, termasuk kepada Kabupaten Polewali Mandar.

“Pertama kabupaten induk harus ada kerelaan dan keikhlasan Polewali Mandar untuk berbagi dengan DOB ini, jangan semuanya tergantung ke pusat,” ucapnya.

Selain itu, masyarakat Balanipa sendiri harus siap, bekerja keras mengisi dan membangun Kabupaten Balanipa yang baru. Karena dengan begitu apabila pemekaran berhasil maka dampak kepada masyarakat adalah memberikan pelayanan maksimal.

Dengan begitu menurutnya, tidak ada lagi kesenjangan pembangunan yang terjadi. “Artinya tidak boleh ada kesenjangan pembangunan termasuk di provinsi jangan ada istimewa kabupaten semua harus sama di mata pemerintah daerah,” jelasnya.

Meski saat ini dirinya sebagai masyarakat biasa, namun pihaknya intens melakukan komunikasi ke pusat guna mendukung pemekaran DOB Balanipa.

“Saya mendukung (pemekaran Balanipa, red) paling tidak saya akan membangun komunikasi dengan teman-teman yang masih ada di DPR RI. Ini selesai ketika pemerintah sudah mencabut moratorium itu,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *