Bupati: Terima Kasih Lembaga Mitra

  • Whatsapp
Bupati: Terima Kasih Lembaga Mitra
Bupati Mamuju bersama Wakil Bupati dan Sekda saat membuka forum diskusi sekaligus laporan sejumlah lembaga mitra, mulai NGO dan sukarelawan, Kamis 4 Maret 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Bupati Mamuju Sutinah Suhardi memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada sejumlah lembaga dalam penanganan pemulihan dampak bencana gempa bumi.

Ungkapan terimakasih itu diutarakan Bupati saat membuka forum diskusi sekaligus laporan sejumlah lembaga mitra, mulai NGO, Sukarelawan, Organisasi Nasional maupun lokal di rumah jabatan Sapota sekaligus kantor sementara Bupati Mamuju, Kamis 4 Maret 2021.

Bupati Mamuju mengungkapkan terimakasih tak terhingga atas kerja keras tanpa lelah yang dilakukan oleh para relawan dari sejumlah lembaga mitra dalam membantu penanganan percepatan pemulihan kondisi pasca pencana gempa bumi.

“Pemerintah daerah Kabupaten pasti akan sangat mendukung kegiatan lembaga mitra, maupun semua relawan yang telah bekerja keras. Sekarang harapannya mudah-mudahan ini bisa berjalan dan bisa segera memulihkan kondisi yang terjadi di Mamuju,” ujarnya.

Mengapresiasi kerja keras tersebut, ia meminta kepada seluruh OPD Pemkab Mamuju juga harus jemput bola dan membangun sinergi dengan semua lembaga mitra sehingga mereka tidak terkesan jalan sendiri melainkan ada pendampingan dan kerjasama dengan pemerintah daerah.

Meski sejumlah lembaga mitra tersebut telah terbagi kedalam tujuh kelompok kerja (Pokja) namun Bupati Mamuju tetap membuka diri bagi siapa saja yang ingin bergabung untuk membantu dalam mempercepat pemulihan pasca bencana, karena menurutnya mungkin masih ada pihak yang belum teridentifikasi dan belum sempat tergabung dalam pokja tersebut.

Adapun sejumlah lembaga mitra yang telah tergabung dalam tujuh Pokja dengan spesifikasi bidang masing-masing anatar lain: pokja pelibatan masyarakat, pokja pendidikan, pokja shalter, pokja wash, pokja kesehatan, pokja bantu serta pokja pencegahan dan penanganan kekerasan berbasis gender pemberdayaan perempuan/LDR perlindungan anak dan pisikososial.

“Ketujuh pokja penanganan pasca bencana tersebut sudah memiliki fokus dan lokusnya tersendiri, setelah itu akan dilakukan indentifikas dan apa saja yang sudah mereka kerjakan,” kata koordinator Satgas Pemulihan dan Rehabilitasi/Rekontruksi Pemkab Mamuju dan Lembaga Mitra Khatma Ahmad.

Kepala Bappepan Kabupaten Mamuju ini berharap ada kolaborasi dari lembaga sesuai dengan porsinya dan OPD sesuai dengan fungsinya sehingga penanganan pasca gemba dapat lebih cepat dan tepat sasaran.

Hajrul Malik selaku Wakil Koordinator Satgas Pemulihan dan Rehabilitasi/Rekontruksi Pemkab Mamuju dan Lembaga Mitra mengatakan, bahwa kondisi situasi pemulihan ini semua serba terbatas namun dengan adanya Satgas Pemulihan Lembaga Mitra dan Pemda ini sangat meringankan Pemerintah Daerah. Karena penanganannya ditargetkan dapat menjadi model nasional, maka Pemkab Mamuju harus inovatif dalam penanganan bencana,

“Jadi bukan lembaga saja yang berada di masyarakat tapi pemda juga hadir dengan cara memberikan dukungan support, baik berupa dukungan regulasi maupun dukungan kebijakan,” pungkasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *