Cegah Sakit Jantung, Ini 4 Manfaat Karamunting untuk Tubuh

  • Whatsapp
Cegah Sakit Jantung, Ini 4 Manfaat Karamunting untuk Tubuh
Ilustrasi karamunting. Foto: Pixabay

JAKARTA, SULBAREXPRESS.CO.ID – Karamunting adalah semak cemara kecil, terkadang dianggap sebagai pohon kecil. Daunnya yang mengandung minyak esensial memiliki panjang 3-5 cm.

Tanaman ini juga terdiri dari bunga berbentuk bintang dan buahnya, yang menyerupai buah beri berukuran kecil. Daunnya dikeringkan, hampir seperti daun salam untuk aplikasi kuliner.

Berikut ini beberapa manfaat karamunting, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Obat tradisional
Warga Malaysia mempergunakan buah, daun, dan akar karamunting untuk mengobati diare. Sedangkan di Sumatera dan Kalimantan daun karamunting dipergunakan untuk menyembuhkan luka.

Sementara buahnya dimakan atau dicampur dengan es, gula, dan air untuk dijadikan minuman dingin. Baca Juga: Waspada, Serangan Heat Stroke Saat Cuaca Panas Ada pula yang mengumpulkan buahnya untuk dijadikan semacam selai.

Masyarakat Tiongkok mempergunakan daun karamunting untuk meredakan rasa sakit, akarnya untuk menyembuhkan sakit perut, dan bijinya untuk melawan racun ular.

2. Anti-Kanker
Buah Karamunting yang berbentuk lonjong dengan ukuran 1 sampai 1,5 sentimeter mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Antioksidan ini bisa mencegah kerusakan pada sel tubuh yang diakibatkan oleh radikal bebas yang bisa berujung pada munculnya kanker.

3. Mencegah Sakit Jantung
Flavonoid yang terkandung pada buah karamunting mampu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, asma, dan stroke. Karamunting juga bisa melindungi otak dari radikal bebas dan ion metalik.

4. Menyembuhkan Luka
Ekstrak akar karamunting bisa meningkatkan produksi trombosit dan fibrinogen sehingga mempercepat penyembuhan luka dengan membunuh bakteri yang hinggap pada luka. (jpnn/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *