Daerah Butuh SDM Tanggap Bencana

  • Whatsapp
Daerah Butuh SDM Tanggap Bencana
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar memasang atribut kepada peserta pelatihan potensi pencarian dan pertolongan di permukaan air tahun 2021di Basarnas Mamuju, Senin 8 Maret 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menggelar pelatihan potensi pencarian dan pertolongan di permukaan air tahun 2021, di Basarnas Mamuju, Senin 8 Maret. Agenda ini sebagai upaya mempersiapkan diri menghadapi bencana.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mengapresiasi Basarnas yang terus mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta pelatihan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi bencana kedepan.

Ia pun, kembali mengingatkan peristiwa 15 Januari lalu, beberapa kejadian, bencana dan kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa dan materi. Untuk itu SDM tanggap bencana sangat dibutuhkan di Sulbar.

“Dengan pelatihan, peserta akan memeroleh pengayaan pengetahuan, keterampilan dan pembentukan sikap mental yang siap bekerja untuk kemanusiaan,” ujar Ali Baal.

Menurutnya, kehadiran Basarnas di Sulbar sudah menunjukkan kinerja terbaik di tengah keterbatasan sarana dan prasaran serta SDM. Namun dengan latihan dan kerja keras dapat memberikan pelayanan yang dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Minimal pelatihan dapat dilakukan dua kali dalam setahun dengan melibatkan Basarnas, BPBD, Dinsos, PMI, serta Satpol PP,” tambahnya.

Ali Baal, berpesan agar peserta pelatihan yang akan mengikuti kegiatan hingga 12 Maret itu senantiasa memperhatikan keselamatan dalam proses pelatihan.

“Selamat bekerja. Semoga pelatihan ini berjalan dengan lancar. Saya berharap juga saudara-saudara menjaga kualitas pelatihan, sehingga hasil pelatihan ini akan optimal untuk menunjang tugas-tugas operasi Sar secara cepat, tepat, handal dan aman,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *