Desa Gunung Sari jadi Percontohan Kampung Tangguh

  • Whatsapp
Desa Gunung Sari jadi Percontohan Kampung Tangguh
Pemerintah Desa Gunung Sari bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta masyarakat gotong royong membangun gapura, Selasa 2 Maret 2021.

PASANGKAYU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Percontohan Kampung Tangguh yang diluncurkan diberbagai wilayah di Indonesia merupakan upaya pemerintah untuk menangkal Covid-19 dengan kearifan lokal. Untuk kepentingan ini Desa Gunung Sari segera dikunjungi Pemkab Pasangkayu dan Polda Sulbar

Untuk itu beberapa persiapan tengah dilakukan oleh Pemdes bersama warga Gunung Sari, mulai dari kesiapan bercocok tanam jangka pendek hingga pembangunan gapura Kampung Tangguh, di Dusun Baturiti, Selasa 2 Maret.

Ditemui di sela-sela persiapannya, Kepala Desa Gunung Sari I Nyoman Sukaryawan mengatakan, pandemi ini (harus) memperkokoh semangat gotong-royong untuk menghadapi Covid-19. Dengan melestarikan kearifan lokal dalam menjalani kehidupan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Salah satu alasan dijadikan Desa Gunung Sari sebagai Kampung Tangguh di Kabupaten Pasangkayu ini adalah karena mempunyai kearifan lokal yang kuat dalam mengatur tatanan kehidupan bermasyarakat,” kata Nyoman.

Nyoman menambahkan pihaknya tengah mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari tatanan kehidupan bermasyarakat hingga teknis seperti saat ini sedang bergotong royong bersama TNI, Bhabinkamtibmas dan warga membangun gapura Kampung Tangguh.

“Saat ini kita sementara bergotong royong bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta warga. Dalam menjalani kehidupan pembatasan kegiatan,” tutur Nyoman.

Pada kesempatan yang sama, Bhabinkamtibmas Bripka Ridwan mengatakan, sinergitas aparat yang bertugas di wilayah Gunung Sari harus ditingkatkan. Mengingat program Kampung Tangguh ini menjadi program Polri melalui pemerintah pusat dalam bersama menekan penyebaran Covid-19 di seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini adalah bagian dari persiapan Desa Gunung Sari yang dijadikan sebagai desa percontohan Kampung Tangguh dalam menekan Covid-19 khususya di Kabupaten Pasangkayu,” sebut Ridwan.

Ia menambahkan, bahwa Kampung Tangguh di Desa Gunung Sari segera akan dikunjungi Pemkab Pasangkayu dan Polda Sulbar untuk melihat langsung seperti apa kesiapan kehidupan masyarakat di tengah pamdemi saat ini.

“Berdasarkan rencana, pihak dari pemerintah daerah Pasangkayu bersama Polda Sulbar dalam waktu dekat akan berkunjung ke Kampung Tangguh Desa Gunung Sari ini. Mungkin melihat langsung seperti apa persiapan selanjutnya,” singkat Bhabinkamtibmas. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *