Gubernur Optimis Pertahankan WTP

  • Whatsapp
Gubernur Optimis Pertahankan WTP
Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar saat memimpin rapat finalisasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Sulbar Tahun Anggaran 2020, di Hotel Maleo Makassar, Sabtu 27 Maret 2021.

MAKASSAR, SULBAREXPRESS.CO.ID – Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar berkomitmen mempertahankan capaian opini Wajar Tanpa Pengeculaian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2020.

Ali Baal pun, mengingatkan kepada para pimpinan OPD dan jajarannya untuk tetap menjaga spirit dan semangat kerja dalam upaya mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang akan diraih Pemprov Sulbar ketujuh kalinya.

Itu disampaikan Gubernur saat mengikuti finalisasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Sulbar Tahun Anggaran 2020 dan pembinaan akuntansi pelaporan serta pertanggung jawaban, yang dibuka secara resmi oleh Sekprov Sulbar Muhammad Idris di Hotel Maleo Makassar, Sabtu 27 Maret 2021.

“Opini WTP harus terus dipertahankan, maka dari itu kita harus saling bekerjasama dan bahu membahu untuk terus memberikan yang terbaik bagi daerah kita Sulbar,” kata Ali Baal.

Selain itu, ia juga meminta para pimpinan OPD dan jajarannya untuk terus membangun aspek administrasi yang baik.

Ia berharap, kiranya finalisasi LKPD dapat berjalan cepat, tepat dan lancar untuk menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel dan transparansi pengelolaan anggaran yang jelas. Sehingga terwujud integritas dan profesional dalam bekerja.

“Tetap menjaga integritas dan profesional dalam bekerja, hindari fiktif dan mark-up,” jelasnya.

Sementara Sekretaris provinsi Sulbar Muhammad Idris menyampaikan, Pemprov Sulbar telah berupaya berkomitmen bersama perangkat daerah melalui kontrak kerja, agar pengelolaan keuangan daerah dapat dilaksanakan secara profesionalisme dengan asas hukum pengelolaan keuangan melalui peningkatan sistem pengendalian intern pengembangan SDM yang berkesinambungan.

“Kita perlu mempersiapkan ASN untuk menghadapi perubahan melakukan perbaikan jika digitalisasi teknologi yang berkelanjutan pada perangkat daerah dalam sejahtera pengelolaan keuangan daerah, mulai dari perencanaan sampai dengan pertanggung jawaban,” sebut Idris.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Sulbar, Amujib mengatakan, kegiatan finalisasi LKPD dan pembinaan akuntansi pelaporan serta pertanggung jawaban tersebut akan berlangsung hingga 28 Maret 2021 dan dihadiri 14 OPD terkait yang dinilai sangat berperan penting dalam penyajian laporan keuangan Pemprov Sulbar dan sinkron dengan data antara pihak inspektorat, BPKPD serta BPKP dengan aplikasi yang digunakan dari Simda Keuangan.

“Jumlah peserta dari 14 OPD diikuti sebanyak 80 orang peserta, terdiri dari kepala OPD, BPK dan bendahara,” kata Amujib .

Amujib juga menyampaikan, hasil dari fainalisasi tersebut akan diserahkan oleh BPK RI Perwakilan Sulbar pada Senin mendatang dan diharapkan Sulbar bisa meraih opini WTP yang ketujuh kalinya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *