OPD Diajak Terapkan Sistem Kerja Partisipatif

  • Whatsapp
OPD Diajak Terapkan Sistem Kerja Partisipatif
Wakil Bupati Pasangkayu Herny Agus memberikan arahan di sela-sela forum OPD dalam rangka menyusun RKPD tahun 2022.

PASANGKAYU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Wakil Bupati Pasangkayu Herny Agus mengajak para OPD membangun sistem kerja kolaborasi partisipatif dalam menyukseskan realisasi visi misi-nya lima tahun kedepan.

“Hal itu diperlukan di tengah anggaran daerah yang terbatas,” kata Herny dalam acara forum OPD untuk rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022, Selasa 2 Maret.

Menurut dia, OPD harus mampu berinovasi dan berkreasi untuk menjalankan program kerja. “Minim biaya tapi dapat memberi dampak yang besar dimasyarakat,” tutur Herny.

Ia menyatakan, jangan lagi berperspektif ada anggaran atau tidak dalam menjalankan program, karena kalau seperti itu realisasi visi misi tidak maksimal.

“Sebab kita tahu bersama, anggaran terbatas. Mari bangun sistem swadaya. Menguatkan masyarakat agar mereka bisa mandiri,” ujar Herny.

Dirinya menyatakan, ada sembilan program unggulan yang terkemas dalam sembilan aksi Smart di masa pemerintahannya.

“Salah satunya mesti direalisasikan dengan sistem kolaborasi partisipatif, yakni program strong from home (penguatan fungsi rumah dan keluarga),” ujar Herny.

Lanjut Herny, program strong from home dirumuskan untuk menjawab tantangan ketahanan keluarga di masa pandemi Covid-19, dimana wujud program itu seperti pemanfaatan pekarangan.

“Nah, itu tidak perlu anggaran banyak, kita cukup jadi motivator dan fasilitator. Sehingga masyarakat sadar dan mau bergerak untuk menanam sayuran dan tanaman obat di pekarangan mereka dalam rangka pemenuhan gizi keluarga,” imbuhnya. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *