Penyelenggaraan Haji 2021 Optimis Bisa Dilaksanakan

  • Whatsapp
Penyelenggaraan Haji 2021 Optimis Bisa Dilaksanakan
Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenag Sulawesi Barat Suharli.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kemenag Sulawesi Barat Suharli optimis, Kerajaan Arab Saudi akan membuka penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 Masehi.

Optimisme ini muncul melalui komunikasi Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas. Meski demikian Suharli mengaku, meski belum bisa memberikan kepastian akibat imbas pandemi Covid-19.

“Sampai sekarang belum ada informasi dari pusat bahwa pelaksanaan akan dilaksanakan di tahun 2021. Tetapi Kementerian Agama sudah koordinasi dengan Dubes Arab Saudi,” kata Suharli, Rabu 15 Maret 2021.

Suharli mengaku, pihaknya masih menunggu kepastian kapan pelaksanaan haji bisa dimulai. Sehingga untuk kuota yang akan diberangkatkan, yaitu kuota yang telah terdaftar sebelumnya.

“Itu kuota yang tahun 2020 dialihkan ke 2021, 1442 itu untuk kuota Sulbar,” ucapnya.

Pihaknya menjelaskan, bahwa jumlah tersebut adalah jumlah yang telah melakukan pelunasan pemberangkatan haji.

“Kalau dia kuotanya penuh maka itu akan menjadi prioritas, tetapi kalau kuotanya setengah itu belum tentu, karena kita tidak mengetahui apakah lansiannya yang diprioritaskan,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya vaksinasi Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah, itu bisa memulai untuk dilakukan pemberangkatan

“Saya yakin karena sudah ada vaksin, kami mengharapkan kuota penuh itu bisa di berangkatkan, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Berdasarkan jumlah kuota masing-masing kabupaten yang ada di Sulbar yaitu, Mamuju dengan kuota 261 orang, Pasangkayu 155 orang, Polewali Mandar 501 orang, Majene 249 orang, Mamasa 106 orang, dan Mamuju Tengah 170 orang.

Data tersebut di mungkinkan masih terjadi perubahan dikarenakan masih ada beberapa orang yang belum melakukan pelunasan.

Ia meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap bersabar dan berdoa agar pandemi Covid-19 bisa segera berakhir. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *