Perawat dan Bidan Bisa Melakukan Vaksin

  • Whatsapp
Perawat dan Bidan Bisa Melakukan Vaksin
Salah satu tenaga kesehatan bukan vaksinator di Puskesmas Bambalamotu melakukan vaksinasi kepada masyarakat, Senin 8 Maret 2021.

PASANGKAYU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Dalam menyukseskan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pasangkayu, diperbolehkan petugas kesehatan lainnya seperti perawat dan bidan melakukan vaksin kepada masyarakat, meski belum pernah mengikuti pelatihan sebagai vaksinator.

“Selain vaksinator yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya, perawat atau bidan juga bisa melakukan vaksinasi asalkan telah menerima Surat Keterangan Registrasi atau disebut STR,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pasangkayu Samhari melalui telepon selulernya, Senin 8 Maret.

Menurutnya, diperbolehkan tenaga kesehatan lainnya untuk mendukung dan mempercepat pencanangan gerakan vaksinasi khususya di Kabupaten Pasangkayu.

“Kalau hanya tenaga kesehatan yang telah menjadi vaksinator, memungkinkan pencangan vaksinasi ini lambat. Jadi kita perbantukan tenaga medis lainnya seperti perawat dan bidan asalkan telah memiliki STR,” sebut Samhari.

Ia menambahkan, sebelumnya melalui Kementerian Kesehatan sudah melakukan pelatihan bagi vaksinotor rata-rata dua orang per Puskesmas yang ada di Pasangkayu. Salah satu tugas vaksinator adalah bagaimana cara mengedukasi pasien dan alur pemberian vaksin mulai dari proses registrasi, skrining awal, pemberian vaksin, evaluasi pasca vaksin, hingga informasi manajemen risiko serta manajemen KIPI.

“KIPI disini kita maksudkan, Kejadian Ikutan Post Imunisasi yang mungkin terjadi kepada pasien yang telah menerima vaksin. Jadi yang melakukan vaksinasi itu rata-rata sudah terlatih. Apalagi kita siapkan dua tim vaksinator disetiap Puskesmas,” tutup mantan Direktur RSUD Pasangkayu ini. (ndi/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *