Pilkades Serentak Wajib Patuhi Prokes

  • Whatsapp
Pilkades Serentak Wajib Patuhi Prokes
Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi menyampaikan sambutan saat menghadiri rapat paripurna di gedung DPRD Mamuju, Kamis 4 Maret 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mamuju, menggelar rapat paripurna penetapan pembahasan Propemperda Pemilihan Kepala Desa tahun 2021, Kamis 4 Maret 2021.

Rapat dipimpin Wakil Ketua, Syamsuddin Hatta bersama Bupati dan Wakil Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi – Ado Mas’ud Sekretaris Daerah Suaib Kamba dan unsur Forkopimda Kabupaten serta seluruh anggota DPRD Kabupaten Mamuju.

Syamsuddin Hatta menjelaskan bahwa rapat yang dilaksanakan kemarin sebagai tindak lanjut atas perubahan kedua Permendagri Nomor 72 tahun 2020 tentang perubahan Permendagri nomor 112 tahun 2014 tentang Pilkades.

Ia menjelaskan dalam pelaksanaan pemerintah daerah harus menyusun sesuai peraturan perundang-undangan karena pelaksanaan pilkades di tengah pandemi.

“Sebenarnya penambahan pasalnya sedikit, hanya ada beberapa pasal yang ditambahkan karena di Perda yang sudah ada, dimana Mendagri menekankan protokol kesehatan utamanya mengenai Covid-19,” kata Syamsuddin.

Olehnya dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa di era pandemi Covid-19, harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Sehingga perkembangan Covid-19 tidak terjadi di pemilihan kepala desa nanti, sebagaimana perda sebelumnya tidak memuat protokol kesehatan,” ujarnya.

Dalam pembahasan nanti ia menjelaskan bahwa, akan membentuk tiga pansus dengan rencananya akan ada dua pasal yang akan ditambahkan nantinya sebelum ditetapkan menjadi Ranperda dan akan dilaksanakan di 47 desa.

Sementara Bupati Mamuju, Sutina Suhardi menjelaskan bahwa dengan adanya peraturan dari Mendagri, sehingga harus ada penyesuaian yang dilakukan oleh kabupaten untuk menghadapi pemilihan kepala desa di tengah pandemi nantinya.

“Kita berharap segera diselesaikan oleh DPRD, sehingga bisa segera dijalankan dalam pemilihan kepala desa,” ujarnya.

Rencananya pemilihan kepala desa akan dilaksanakan bulan Juni, ia juga berharap dalam pelaksanaan nantinya bisa berjalan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Mudah-mudahan dalam pemilihan nanti, kepala desa terpilih sesuai harapan masyarakat,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *