Resmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa, Jokowi Harap Banjir di Makassar Berkurang

  • Whatsapp
Resmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa, Jokowi Harap Banjir di Makassar Berkurang
Presiden Joko Widodo meresmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa yang sebagian besar wilayahnya berada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA, SULBAREXPRESS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kolam Regulasi Nipa-Nipa yang sebagian besar wilayahnya berada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3).

Jokowi mengharapkan kolam tersebut bisa mengurangi banjir di Makassar dan sekitarnya.

“Alhamdulillah, hari ini kami resmikan dan operasikan karena telah selesai dibangun selama lima tahun, yaitu Kolam Regulasi Nipa-Nipa. Ini adalah kolam untuk pengaturan air, terutama banjir dan genangan yang ada di Kota Makassar,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Dengan luas genangan mencapai 83,93 hektare dan berkapasitas tampung sebesar 2,74 juta meter kubik, kolam regulasi tersebut akan bekerja menyimpan air untuk sementara waktu selama puncak banjir dan mengalirkannya kembali ke hilir Sungai Tallo.

“Sangat berfungsi meskipun masih ada nanti kolam regulasi lain yang memang harus dibangun utamanya ini di DAS Tallo sehingga Kota Makassar, kami harapkan dapat bebas dari genangan dan banjir karena sekarang diatur dan dikendalikan oleh Kolam Regulasi di Nipa-Nipa ini,” ucap Kepala Negara.

Jokowi berharap infrastruktur pendukung tersebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya dukung dan kemajuan di Sulawesi Selatan.

Selain itu, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga akan melakukan normalisasi Sungai Tallo dan pembangunan tanggul sepanjang tiga kilometer pada 2022 mendatang.

Melalui upaya tersebut, Jokowi mengharapkan kolam regulasi akan memberikan manfaat pengurangan risiko banjir di enam kecamatan setempat, yakni Pattallassang, Moncongloe, Manggala, Panakkukang, Tallo, dan Tamalanrea. (jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *