Siapkan Potensi Relawan, Wahdah Gelar Diklatsar Kebencanaan

  • Whatsapp
foto: IST
Pelaksanaan Diklatsar kebencanaan di Kabupaten Mamuju oleh Wahdah Islamiyah, Minggu 28 Maret 2021.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Indonesia sebagai wilayah yang rawan terjadi bencana mengharuskan setiap daerahnya memiliki sumber daya relawan yang mumpuni.

Sebagai salah satu ormas Islam yang concern terhadap kebencanaan, Wahdah Islamiyah terus mengambil bagian menyiapkan relawan tangguh diseluruh Indonesia.

Pelatihan yang diikuti 60 orang kader Wahdah Islamiyah Mamuju dipusatkan di Mamuju.

Ketersediaan relawan terlatih dan tangkas disetiap daerah dapat mempercepat penanganan jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

“Pertimbangan tersebut menjadi motivasi bagi Wahdah Peduli menyelenggarakan basic training atau pendidikan dan pelatihan dasar (Diklatsar) kebencanaan di Mamuju,” ujar Abu
Umar selaku Kordinator Assessment dan SAR Wahdah Peduli.

Kegiatan ini bertujuan menyiapkan relawan kebencanaan disetiap DPD Wahdah Islamiyah yang tersebar hampir disetiap kabupaten seluruh Indonesia.

“Kami berharap pendidikan dan pelatihan ini bisa menjadi bekal bagi para peserta saat menangani bencana yang terjadi di daerahnya,” ujar Abu Umar saat memberi pembekalan
tentang PBB, Minggu 28 Maret.

“Peserta akan kami bekali dengan berbagai ilmu kebencanaan, dimulai dari materi PBB,” imbuhnya.

Menurutnya materi PBB tersebut sangat penting untuk melatih kebiasaan para relawan agar terbiasa. Sebab relawan juga sering mengadakan upacara bersama dengan lembaga lain dan
biasanya dipimpin oleh kalangan TNI-Polri.

Peserta juga dibekali dengan materi, mitigasi bencana, teknik pertolongan vertikal dan pertolongan di air termasuk manajemen posko, serta kode etik jurnalisme bencana. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *