Sisa Dua Hari, Wajib Pajak Diingatkan Lapor SPT

  • Whatsapp
Sisa Dua Hari, Wajib Pajak Diingatkan Lapor SPT
Kepala KPP Pratama Mamuju, Hadinengrat Nusantoro MP. (Foto: Dok Pribadi)

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Ditjen Pajak menerapkan batas terakhir pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) tahun pajak 2020 untuk wajib pajak orang pribadi pada 31 Maret 2021. Saat ini masih tersisa dua hari bagi wajib pajak (WP) yang belum melapor.

Kepala KPP Pratama Mamuju, Hadinengrat Nusantoro MP, mengimbau agar WP pribadi yang belum melaporkan SPT segera memanfaatkan waktu yang tersisa. Upaya itu dilakukan untuk menghindari telat lapor.

“Sisa dua hari bagi WP pribadi untuk melakukan pelaporan SPT. Yakni hari Selasa dan Rabu (Tanggal 30 serta 31 Maret, red). Sebaiknya manfaatkan waktu yang sangat terbatas ini,” kata Hadinengrat kepada Sulbar Express, Senin petang, 29 Maret 2021.

Hadinengrat menjelaskan pihaknya siap membantu memberikan pelayanan maksimal bagi wajib pajak yang kesulitan lapor SPT. Bisa dilakukan pembimbingan di kantor KPP Pratama Mamuju.

“Sebanarnya saat ini kan sistemnya online. Wajib pajak bisa melakukan pelaporan secara online dimanapun dan kapanpun. Tapi kalau masih ada yang kesulitan, kami bisa membantu bimbingan di kantor kami,” imbuh Hadinengrat.

Ia menjelaskan saat ini capaian SPT yang sudah tercatat masih rendah jika dibandingkan pada 31 Maret tahun 2020 lalu. Hingga 29 Maret kemarin baru 17.788 SPT, kurang 1.236 dibanding capaian SPT pada 31 Maret 2020 yang mencapai 19.024.

Sementara pada 28 Februari 2021 penerimaan SPT baru 4.436, lebih rendah jika dibandingkan pada 28 Februari 2020 sebanyak 10.700 atau minus 6.264.

“Kondisi ini masih dimaklumi karena bencana alam gempa yang melanda daerah kita. Termasuk kantor kami juga kena dampak. Tapi kami optimis pada akhir 31 Maret nanti, target SPT bisa melebihi capaian tahun 2020 lalu. Biasanya memang pada masa akhir banyak yang melapor,” imbuh Hadinengrat.

Optimisme KPP Pratama Mamuju untuk capaian SPT tahun ini atas dasar tren laporan SPT pada akhir Maret mengalami lonjakan. Contohnya pada Senin 29 Maret kemarin jumlah wajib pajak yang melapor tembus pada angka 850.

Selain itu, pemerintah daerah juga memberikan dukungan dengan mengeluarkan surat imbauan kepada para ASN agar menyampaikan laporan SPT. Surat tersebut dikeluarkan oleh Pemprov dan ditandantangani Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar.

“Kami juga membangun kemitraan dengan stakeholder untuk bersama-sama melakukan pelaporan SPT,” tandas Hadinengrat. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *