SMK Negeri 1 Gunung Jati Resmi Jadi SMK Membangun Desa

  • Whatsapp
SMK Negeri 1 Gunung Jati Resmi Jadi SMK Membangun Desa

KAB. CIREBON – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum meresmikan SMK Negeri 1 Gunung Jati Kabupaten Cirebon sebagai SMK Membangun Desa, Kamis (25/3/2021).

Dalam sambutannya, Pak Uu mendorong Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Gunung Jati untuk intens menghadirkan inovasi. Nantinya, inovasi tersebut diterapkan untuk membangun desa-desa di Jabar.

“Mudah-mudahan program ini bisa selesai dan mengangkat desa-desa menjadi desa juara. Masyarakat desa, pendapatan kota,” ucap Pak Uu.

Pak Uu pun meminta kepala sekolah untuk mendorong para siswa menciptakan lapangan kerja di desanya.

“Kalaupun mereka sudah dididik dalam bidang perbengkelan jangan bikin bengkel di kota, jangan bekerja di sebuah perusahaan.  Sudah saja buka bengkel di desa,” tuturnya.

Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jabar Wilayah X Ester Miori Dewayani mengatakan, lulusan SMK harus menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dalam membangun desa.

“Karena telah memberdayakan lulusan SMK sebagai SDM aset desa dalam membangun ekonomi desa, menanggulangi pengangguran dan PHK akibat pandemi Covid-19,” katanya.

Menurut Ester, ada lima program utama dalam SMK Membangun Desa. Mulai dari pemanfaatan lahan sawah, pelatihan kreatif batik, sampai tekstil.

“Selain itu juga ada program SMK Membangun Desa lainnya yang akan dikembangkan yaitu pelatihan keterampilan service sepeda motor yang bekerja sama dengan Honda AHASS Kabupaten Cirebon,” ucapnya.

“Pelatihan keterampilan pengelasan pada sebuah perusahaan dan pelatihan keterampilan pembuatan material bangunan bekerja sama dengan wirausaha perorangan,” imbuhnya. (pun/humas jabar)

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *