Sulbar Butuh Pembaharuan Alat Perekam KTP

  • Whatsapp
Sulbar Butuh Pembaharuan Alat Perekam KTP

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – KTP merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki tiap warga negara karena memuat data dan informasi pribadi lainnya.

Namun saat ini sejumlah alat perekaman Kartu Tempat Penduduk (KTP) elektronik (e-KTP) di beberapa kabupaten sudah terbilang tua sehingga Sulbar perlu dilakukan penggantian.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sulbar Ilham Borahima membeberkan, saat ini alat yang ada di enam kabupaten di Sulbar sudah berusia lebih dari delapan tahun.

Kata dia alat itu sudah tidak optimal dan tentu akan mempengaruhi kinerja pemerintah dalam mengejar target perekaman e-KTP hingga 99 persen.

“Kami ditarget 99 persen 1.673.000 wajib KTP dan capaian saat ini 92,54 atau 932.771. yah belum 75.102. Artinya masih ada 6,5 persen yang harus kami capai,” kata Ilham, Selasa 16 Maret.

Ia menjelaskan, saat ini pemprov pun ditarget untuk menjalankan program KTP anak-anak, program itu berjalan sejak awal 2020, hingga kini baru tercapai 13, 62 persen. Begitupun terkait urusan seperti pencetakan akta kelahiran dan berkas kependudukan lainnya.

“Kendalanya adalah kerusakan alat. Kita tidak akan bisa bekerja maskimal jika alat tidak menunjang,” jelasnya.

Untuk melakukan pengadaan alat dari pusat, itu sudah tidak bisa sebab menjadi ketentuan pusat tidak ada lagi pengadaan alat di Dukcapil. Karenanya, melalui rapat Komisi I DPRD Sulbar ia meminta dukungan legislatif agar persoalan alat di Dukcapil mendapat perhatian serius. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *