Untuk Kepemimpinan Masa Depan, Sulbar Siapkan 120 Siswa Berprestasi

  • Whatsapp
Untuk Kepemimpinan Masa Depan, Sulbar Siapkan 120 Siswa Berprestasi
Gubernur Sulawesi Barat Andi Ali Baal Masdar, membuka secara virtual program siswa berprestasi di rumah jabatannya, Mamuju, Sulawesi Barat, Senin 8 Maret 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Pemprov Sulbar terus bekerja keras demi menyiapkan generasi emas bangsa. Salah satunya dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidikan.

Upaya meningkatkan kualitas pendidikan dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulbar dengan menggelar pendampingan siswa berprestasi.

Gubernur Sulawesi Barat Andi Ali Baal Masdar, mengapresiasi program pembinaan siswa berprestasi yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah lama menginginkan hal tersebut, dimana anak-anak di Sulbar memiliki prestasi yang lebih unggul dan lebih bagus serta setara dengan prestasi dari daerah lain.

Dia berharap lewat program pembinaan siswa berprestasi dapat mengubah wajah pendidikan di Sulbar. Tidak lagi terbelakang.

“Semoga berjalan dengan baik, minimal kita bisa sama dengan provinsi yang lain. Jangan kita tertinggal terus,” kata Ali Baal usai video conferensi pembukaan program tersebut di rumah jabatan Gubernur Sulbar, Senin 8 Maret 2021.

Ali Baal berharap dari 120 orang yang dibina secara khusus, minimal sekira 10 orang dapat dikirim ke universitas unggulan yang ada di seluruh Indonesia. Termasuk Akpol, Akmil dan IPDN, serta perusahan terbaik di Indonesia.

“Disamping ada pembinaan, para pelajar juga diharapkan dapat mengembangkan diri melalui pelatihan-pelatihan yang ada,” ucapnya.

Sementara Kapala Disdikbud Sulbar Prof Gufran Darma Dirawan, menjelaskan program pembinaan siswa berprestasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi (Disdikbud) Sulbar digagas bersama Dewan Pakar DR Yundini Husni Djamaluddin. Targetnya dapat melahirkan regenerasi kepepemimpin yang lebih baik di masa yang akan datang.

Ia menjelaskan, Disdikbud Sulbar diketahui telah melakukan seleksi pembinaan siswa berprestasi yang diikuti 1.089 siswa dari 10 siswa terbaik setiap SMA dan SMK se Sulbar.

Saat ini ada sebanyak 120 siswa terbaik yang dipilih untuk dilakukan pembinaan secara khusus agar dapat lolos ke seluruh univesitas unggulan di Indonesia.

“Kita tes mereka (siswa) dengan soal yang sama dan setara dengan SNPTM dan tidak pernah dikerjakan oleh orang. Hasilnya 19 anak-anak nilainya di atas 700 poin, 19 orang ini diyakini dapat lolos diseluruh universitas terbaik di Indonesia. Termasuk masuk Akpol, Akmil dan IPDN,” bebernya.

Kemudian, lanjut Gufran, masih ada sekira 84 orang nilainya di atas 600 poin dan juga diyakini akan banyak lolos ke universitas terbaik di Indonesia.

“Kenapa kita lakukan pembinaan karena berharap dengan pembinaan ini nilainya jauh lebih tinggi,” jelasnya.

Dia mengatakan untuk saat ini sebanyak 120 siswa yang resmi masuk dalam program pembinaan. Semua siswa tersebut hadir dalam pembukaan pelatihan di LPMP Kabupaten Majene.

“Akan ada program khusus untuk mereka, hasilnya nanti akan dikirim ke seluruh sekolah untuk dipelajari dan di desiminasikan. Paling tidak tahun depan bisa mengubah kualitas mutu pendidikan kita jauh lebih tinggi,” ujarnya.

Kata dia, sebanyak 120 siswa tersebut akan terus dilakukan pendampingan. Selain dilakukan uji kognitif juga akan dilakukan pembinaan minat khusus atau minat bakat.

“Disitulah nanti kita akan tahu, berapa yang masuk IPDN, Akmil, Polri, kemudian berapa yang masuk di kedokteran. Kita akan arahkan anak-anak kita,” ucapnya.

Ia menjelaskan, dari seluruh sekolah yang ikut seleksi, ada beberapa sekolah yang dinilai mampu menyumbangkan siswa berprestasinya yang akan didampingi nantinya.

“Ada dari Pasangkayu enam berasal dari satu sekolah yaitu SMA 1 Saruddu, SMA 1 Mamuju ada 11 orang, kemudian SMA 1 Kalukku ada tujuh orang, SMK cuman satu di Polewali Mandar,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *