Agro Inovasi Super Tani, Diharap Mampu Lahirkan Petani Keren

  • Whatsapp
Agro Inovasi Super Tani, Diharap Mampu Lahirkan Petani Keren
Aksi penanaman perdana komoditi jagung di sela-sela launching diseminasi teknologi Badan Litbang Pertanian dan agro inovasi super tani di Kecamatan Papalang, Selasa 6 April 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suhardi berharap, program inovasi yang dimotori Balai Pengkajian Teknologi Pertanian mampu melahirkan petani keren, maju, mandiri dan modern.

Hal itu ia ungkapkan saat menghadiri launching diseminasi teknologi Badan Litbang Pertanian dan agro inovasi super tani di Kecamatan Papalang, Selasa 6 April.

Bupati Mamuju optimis program ini bisa berjalan maksimal, terlebih dalam inovasi tersebut turut menggandeng perbankan yang akan memudahkan dalam aksesibilitas permodalan berupa kredit usaha rakyat (KUR), maupun berbagai stakeholders lainnya dalam upaya mendukung penguatan sektor pertanian.

“Kita berharap, agar inovasi yang telah menyentuh berbagai persoalan petani dari hulu ke hilir ini, mulai dari persoalan penggunaan teknologi pertanian, hingga permodalan, akan mampu membantu petani menjadi petani yang punya daya saing, yang dalam istilah kami di Kabupaten Mamuju petani yang keren,” ungkap Sutinah Suhardi.

Selain itu, ia mengapresiasi program inovasi yang mengintegrasi berbagai sektor yang dinilai sangat dibutuhkan para petani, utamanya dalam pemanfaatan teknologi pertanian, hingga aksesibilitas permodalan melalui perbankan.

Sutinah Suhardi menilai persoalan tersebut adalah persoalan klasik yang selalu menjadi permasalahan petani yang selama ini belum begitu tersentuh. Sehingga kehadiran inovasi super tani tersebut diharap akan menjadi solusi yang akan berperan sebagai media integrasi antara kebutuhan petani hingga kepada pihak perbankan.

“Kita berharap inovasi ini akan menjadi win-win solution, dalam artian semua akan menerima manfaat atas adanya program ini” imbuh Bupati Mamuju.

Kepala BPTP Provinsi Sulbar, Nurdiah Husnah mengatakan, meski tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun dengan segala kemampuan dan ketersediaan sumberdaya, pihaknya akan terus berupaya hadir sebagai pendamping dalam upaya penerapan teknologi pertanian. Sehingga upaya meningkatkan kualitas pertanian akan lebih baik.

Sementara itu Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Sulawesi Barat, Budi Sudaryono, mengaku agro inovasi super tani adalah salah satu langkah yang sangat baik dalam upaya mendorong perekonomian yang produktif dan aman.

Ia juga menilai melalui inovasi tersebut telah mampu menjalin hubungan yang harmonis antar berbagai stakeholders terkait, mulai dari para petani, pendamping pertanian, pihak perbankan dan Balitbang. Sehingga semua dapat berperan aktif dengan spesifikasinya masing-masing.

Budi berjanji, Bank Indonesia akan berperan aktif dalam mendukung inovasi tersebut secara bertahap dengan tetap memperhatikan dinamika perkembangan. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *