Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Masih Terkendali

  • Whatsapp
Jelang Ramadan, Harga Bahan Pokok Masih Terkendali
Salah satu pedagang di Mamuju melayani pembeli.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan, Koperasi dan UKM, Provinsi Sulawesi Barat, Amir Maricar mengatakan dua pekan menjelang bulan suci Ramadan, harga beberapa kebutuhan bahan pokok di Sulawesi Barat masih berada di batas kewajaran.

“Sampai sejauh ini belum ada kenaikan harga yang signifikan,” kata Amir Maricar.

Namun meski begitu, menurutnya pihaknya akan tetap turun ke lapangan hingga sepekan menjelang Ramadan. “Tetap akan kita akan turun ke pasar untuk melihat perkembangan harga,” ujarnya.

Harga sembako yang masih stabil antara lain beras, yakni beras premium kisaran Rp12 ribu per kilogram, beras medium Rp9.200 per kilogram, gula pasir Rp13.000 per kilogram, minyak goreng Rp12.000 per liter. Daging sapi berada dikisaran Rp120.000 per kilogram.

Sementara untuk bawang merah Rp29.000 per kilogram, telur ayam Rp55 ribu per kilogram, cabai merah Rp80 ribu per kilogram dan cabai keriting Rp 37 ribu per kilogram. Harga itu berdasarkan hasil sistem pemantauan pasar dan kebutuhan pokok.

Ia menjelaskan, dengan kondisi menjelang Ramadan malah ikan kembung yang mengalami penurunan harga.

Sebelumnya Kepala Bidang Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Mamuju, Assyabrie Rusli mengatakan berdasarkan hasil pemantaun yang dilakukan pihaknya seperti Pasar Regional dan Pasar Sentral Mamuju, masih terbilang stabil.

Ia mengatakan meski sejumlah daerah mengalami kenaikan namun untuk wilayah Mamuju masih normal.

“Memang harga mahal di sana namun itu tidak akan mempengaruhi stok kita di sini,” kata Assyabrie.

Dia mengungkapkan walaupun hal itu terjadi namun produksi lokal yang juga membantu stok sehingga kebutuhan konsumen di pasar dapat terpenuhi dengan baik. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *