Pembangunan Kantor Gubernur, Corak Budaya Mengemuka

  • Whatsapp
FOTO: IST
GEDUNG UTAMA. Proses pembongkaran reruntuhan kantor Gubernur Sulbar di Mamuju, Sabtu 17 April 2021.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS.CO.ID – Pemerintah Daerah Sulawesi Barat terus mempercepat pelaksanaan rehabilitasi, rekonstruksi pasca gempa. Salah satunya pembangunan kantor Gubernur Sulbar dengan konsep budaya.

Saat ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat bersama pihak kontraktor sementara membahas terkait desain bangunan yang akan dikerjakan.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar pun menekankan agar konstruksi bangunan harus kokoh dan tahan terhadap guncangan gempa.

“Kontraktor sudah melihat kelemahan pada saat gempa, nah kita harap setelah dibangun ulang ini itu bisa perbaiki, supaya lebih kokoh,” kata Ali Baal usai rapat bersama dengan pihak kontraktor di Rujab Kantor Gubernur Sulbar, Jumat 16 April.

Ali Baal mengatakan, saat ini baru tahap pembongkaran, terkait Desain itu sementara disusun. Desain yang akan diusung tidak lepas dari konsep budaya. Karenanya, dalam waktu dekat mengundang Pemprov akan sejumlah budayawan di enam kabupaten guna merembukkan desain kantor gubernur Sulbar.

“Kita akan membangun berdasarkan desain perpaduan beberapa budaya, antara Mandar, Mamasa dan  Kalumpang. Jadi kita akan bangun Kantor Gubernur Sulbar seperti  filosofinya itu Mesa Kanne,” tegas Ali Baal.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Sulbar, Muh. Aksan menyampaikan, rekonstruksi dilaksanakan atas kerja sama pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR,  menunjuk

PT. Waskita Karya  sebagai pelaksana proyek pembangunan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaannya.
“Kita berharap dapat selesai tahun ini,” tuturnya.

Manager PT. Waskita Karya, Supriyanto mengemukakan, proses pengerjaan Kantor Gubernur Sulbar sudah memasuki tahap desain dan asistensi kedua. Soal desain, akan berkolaborasi dengan budayawan lokal.

“Setelah hal itu selesai, selanjutnya masuk pada desain struktur bangunan fisik,” tandasnya. (idr/cm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *