Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Upaya Menyiapkan Masyarakat Go Digital

  • Whatsapp
foto: IST
Kepala Bidang Sarana dan Diseminasi Informasi Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju, Ita Sari Darmawati, menyampaikan materi.

MAMUJU, SULBAR EXPRESS – Pemerintah Kabupaten Mamuju melalui Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju setiap tahunnya terus melakukan pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM). Sampai dengan Maret 2021, telah terbentuk 121 KIM di masing-masing desa atau kecamatan. Dan masih ada 10 desa yang belum terbentuk.

Pada Senin, 12 April 2021 lalu, Dinas Kominfo Mamuju kembali melakukan sosialisasi dan pembinaan KIM. Kali ini dilaksanakan di Desa Tapandulu, Kecamatan Simboro, bekerja sama dengan Pemerintah desa setempat.

Bacaan Lainnya

Materi yang diberikan menyangkut kesiapan KIM untuk Go Digital yang dibawakan oleh Shalahuddin dari Pandu Digital dan RTIK Sulbar, kepatutan dan bijak menggunakan media sosial menjelang bulan Ramadan bersama Nur Salim Ismail, serta program kegiatan Pemkab di 100 hari pertama pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati oleh Ita Sari Darmawati, Kepala Bidang Sarana dan Diseminasi Informasi Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Mamuju.

Ita sebagai penanggung jawab kegiatan mengatakan bahwa di setiap desa dan kecamatan tempat pelaksanaan sosialisasi, selalu ditemukan masalah dan keluhan yang sama, yaitu kesulitan masyarakat dalam mengakses informasi kegiatan dan kinerja pemerintahan.

“Banyak masyarakat, khususnya generasi muda yang sudah mampu mengakses internet.
Sayangnya lebih banyak digunakan hanya untuk mengakses media sosial saja, tidak dimanfaatkan untuk mengakses informasi. Ditambah lagi kurangnya produk informasi yang disebar ke masyarakat terkait hasil-hasil pembangunan dan kinerja pemerintahan. Ini merupakan kekurangan kami yang masih terus dibenahi,” aku Ita.

“Kita tidak akan bisa mewujudkan masyarakat Mamuju yang Go Digital bila tidak disiapkan dari sekarang. Literasi informasi inilah yang coba kami bangkitkan melalui kelompok-kelompok informasi masyarakat yang ada di Kabupaten Mamuju,” sambung Ita.

Sementara itu, Abdul Rasyid, Sekretaris Pemerintah Desa, menyambut baik pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini.

“Kami berharap kegiatan ini masih berlanjut lagi. Karena banyak anak-anak muda di desa kami ini yang ingin serius belajar bagaimana memanfaatkan media sosial untuk menjual produk dagangannya. Kami juga berharap ada perhatian dari Bupati untuk pembinaan UMKM di Desa Tapandulu,“ pungkas Rasyid. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *