11 Tahun Buron Dana Fiktif BPD Pasangkayu, Kejati Kembali Tangkap Satu Pelaku

  • Whatsapp
FOTO: IDRUS IPENK
Satu pelaku buron dana fiktif BPD Pasangkayu saat digelandang Kejati Sulbar, di kantor Kejati Sulbar, Selasa 4 Mei 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Tim Tangkap Buronan (Tabur ) Kejati Sulbar kembali berhasil menangkap satu DPO terpidana dana fiktif BPD Pasangkayu, Abidin Bin Senang Hati di Kabupaten Pasangkayu, Senin 3 Mei 2021.

Penangkapan itu dilakukan di salah satu rumah terpidana di Dusun Nunu, Desa Saru’du, Kecamatan Saru’du, Kabupaten Pasangkayu.

Bacaan Lainnya

Asisten Intelejen Kejati Sulbar Abidinmengatakan, DPO merupakan terpidana kasus korupsi Dana Kredit Modal Kerja (KMK) pada Bank Sulselbar Cabang Pasangkayu yang merugikan keuangan negara sebesar Rp41 milliar.

“Kami telah berhasil mengamankan satu orang DPO sekitar jam delapan malam. Dimana mereka mengajukan kredit fiktif dengan membuat SPK palsu ke Bank BPD Sulselbar,” kata Irvan, Selasa 4 Mei.

Ia menjelaskan, Abidin merupakan satu dari sepuluh orang DPO dengan kasus yang sama, yang telah buron selama 11 tahun. Menurut Irvan dengan ditangkapnya Abidin tersisa dua orang lagi yang masih terus dikejar oleh Kejati Sulbar, penangkapan Abidin juga adalah penangkapan ke-13 dari 15 terpidana Bank BPD Sulselbar Cabang Pasangkayu.

“Yang bersangkutan dijatuhi hukuman penjara selama empat tahun. Denda Rp200 juta subsider tiga bulan penjara,” terangnya.

Irvan menjelaskan, terpidana sendiri selalu mampu meloloskan diri. Selama masa buronan Abidin hidup berpindah-pindah dari Pasangkayu hingga ke Palu, Sulteng.

“Namun kami tetap gigih dan didukung penuh masyarakat di sana. Saat melakukan penangkapan kemarin tidak ada perlawanan karena yang bersangkutan menyadari bahwa tidak ada tempat bersembunyi bagi DPO,” bebernya.

Selanjutnya pihaknya akan menyerahkan yang bersangkutan akan diserahkan Kasipidsus Kejari Mamuju dan akan di digelandang di Rutan Mamuju. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *