Bangunan Unsulbar Ditarget Selesai 2023

  • Whatsapp
FOTO: IST
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar menandatangani prasasti peresmian gedung hibah dan laboratorium Unsulbar, Senin 3 Mei 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar meresmikan gedung hibah Pemprov Sulbar dan gedung laboratorium terpadu Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) di Majene, Senin 3 Mei 2021.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar meresmikan bangunan tersebut dengan melakukan pemotongan pita sebagai tanda bangunan siap untuk dioperasikan. Ia menyampaikan ucapan selamat kepada pimpinan dan segenap jajaran Unsulbar atas peresmian gedung hibah dan laboratorium terpadu tersebut.

Bacaan Lainnya

Ali Baal menuturkan, sarana dan prasarana di kampus Unsulbar masih perlu dilengkapi. Untuk itu ia menyatakan dalam hal tersebut Pemprov Sulbar akan memberikan lagi bantuan pada 2022.

“Kampus sudah ada, tinggal sarana dan prasarana yang kurang, Insyaallah 2022 nanti kita bantu lagi untuk sarana dan prasarananya jika anggaran tidak direfocousing,” ucap Ali Baal.

Ia mengatakan, pembangunan gedung tersebut sudah sesuai berdasarkan perencanaan yang dilakukan, meski masih ada beberapa kekurangan yang masih perlu dibenahi.

“Insyaallah pembangunan gedung Unsulbar kita target tahun 2023 sudah selesai,” ujarnya.

Menurutnya, dengan jumlah mahasiswa sekira delapan ribu orang dengan delapan fakultas, Ali Baal menilai Unsulbar sangat memadai dan dapat berkembang lagi. Sebab pada bidang Pertanian, SDM masih kurang.

“Jadi masyarakat dapat meningkatkan potensi SDMnya melalui Unsulbar. Format-format yang ada di Unsulbar sudah harus tertata dengan baik,” imbuhnya.

Ali Baal berharap, pimpinan Unsulbar terus berusaha membuat inovasi untuk pemajuan dan pengembangan perguruan tinggi kebanggaan bersama itu, agar semakin maju dan menghasilkan SDM berkualitas yang siap bersaing di era industri 4.0.

Selain itu, juga diharapkan Unsulbar dan Perguruan Tinggi lain di Sulbar ikut berperan mempercepat pemajuan dan peningkatan masyarakat desa, yang sedang dilakukan Pemprov Sulbar melalui program Marasa.

“Melalui program Marasa, diharapkan terwujudnya kemandirian dan kecerdasan masyarakat di desa,” tutur mantan Bupati Polman dua periode itu.

Melalui kesempatan itu, ia juga mengapresiasi keseriusan dan perhatian semua pihak atas pembangunan kampus baru Unsulbar di Majene, terkhusus Rektor Unsulbar dan jajaran Pemkab Majene yang tidak henti-hentinya memberikan kontribusi aktif dan melakukan koordinasi kepada Pemprov Sulbar.

“Kontribusi aktif dan koordinasi kepada Pemprov Sulbar, sehingga apa yang kita lihat adalah sebuah hasil dari buah optimisme dan kesungguhan bersama membangun ikon pendidikan di daerah Sulbar. Dalam pembangunan kampus Unsulbar, perlu dilakukan gotong royong bersama pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten, termasuk juga masyarakat,” tambahnya.

Sementara Rektor Unsulbar, Akhsan Jalaluddin mengatakan, dua gedung yang baru saja diresmikan oleh Gubernur Sulbar, yaitu pertama, Gedung Hibah Pemprov Sulbar dan kedua, Gedung Laboratorium Terpadu, memiliki dua lantai dengan 20 kelas dan dua aula.

“Hal ini seperti saran pak gubernur bahwa baiknya gedung ini harus mempunyai aula yang dapat menampung 300 sampai 400 orang,” beber Akhsan.

Akhsan juga menyampaikan, pembangunan gedung tersebut menghabiskan anggaran kurang lebih Rp5,1 miliar.

“Dananya dari hibah Pemprov Sulbar, kurang lebih hasil tender Rp3,3 miliar dan lebihnya direguler. Kami juga ajukan proposal ke pak gubernur atas pembangunan gedung ruang pola wisuda,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, hadir Sekprov Sulbar Muhammad Idris, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Muh. Natsir, serta unsur Forkopimda Kabupaten Majene. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *