Hadapi Pandemi Covid-19, Kades Diminta Kreatif Kelola Potensi Desa

  • Whatsapp
Hadapi Pandemi Covid-19, Kades Diminta Kreatif Kelola Potensi Desa
Kepala Kanwil DJPb Sulbar, Imik Eko Putro.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Pandemi Covid-19 bedampak pada banyak sektor kehidupan. Salah satunya yang paling terdampak adalah sektor ekonomi.

Menanggapi kondisi ini, Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Barat mengingatkan para kepala desa agar kreatif mengelola potensi sumber daya lokal. Itu dilakukan agar ekonomi masyarakat tidak semakin terpuruk.

“Akan sangat bagus jika kepala desa memahami potensi keunggulan desa. Yang selanjutnya bisa diolah dan dikembangkan dengan berbagai program yang dibiayai dengan dana desa,” kata Kepala Kanwil DJPb Sulbar, Imik Eko Putro dalam keterangan resminya kepada Sulbar Express, Kamis 20 Mei 2021.

Menurut Imik, pengelolaan potensi desa akan berimbas pada ketahanan ekonomi desa. Target ini bisa dicapai dengan memberdayakan masyarakat serta keunggulan potensi utama yang dimiliki desa.

Selain itu, Imik juga berpesan kepada kepala desa untuk memanfaatkan perkembangan teknologi seperti ketersediaan jaringan internet di lingkungan desa. Ini untuk mendorong masyarakat dan pemerintah desa terus belajar mengikuti kemajuan yang terjadi di desa atau wilayah lain.

“Program yang dapat dipelajari terkait berbagai contoh pengolahan potensi desa yang sesuai dengan kondisi yang ada atau dimiliki desa saat ini,” imbuhnya.

Lebih jauh Imik juga berpesan kepada para kepala desa agar mengawal dana desa untuk dimanfaatkan secara tepat, cepat dan akuntabel. Dengan fokus pada program yang bagus guna menyejahterakan desa serta masyarakatnya.

“Di masa pandemi ini alokasi dana desa komposisinya ada tiga. Antara lain, dana desa reguler untuk program pembangunan desa, dana bantuan langsung tunai untuk rakyat miskin, serta dana untuk dukungan bagi penanganan Covid-19,” tandas Imik. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *