Halalbihalal Virtual Ikawangi Dunia, Menuntaskan Rindu untuk Bumi Blambangan

  • Whatsapp
Foto: IST
Kepala Kanwil DJPb Sulbar, Imik Eko Putro bersama Ketua DWP Kanwil DJPb Sulbar, Ria Imik saat mengikuti halalbihalal virtual Ikawangi Dunia. Tampak Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi menyapa warga rantau secara virtual.

Kangen tanah kelahiran bisa jadi sudah tak terbendung lagi. Tapi demi kesehatan umat manusia, menunda mudik menjadi pilihan sulit yang harus dijalani.

———

Bacaan Lainnya

Bagi sebagian besar orang, momen lebaran Idul Fitri tahun ini memang menyisakan rindu yang tak biasa. Itu juga dirasakan oleh warga Banyuwangi yang saat ini merantau baik di luar negeri atau di provinsi luar Jawa Timur.

Meski kerinduan kepada bumi Blambangan sangat besar. Tapi pilihan tidak mudik tetap harus dijalankan oleh warga Banyuwangi yang berada di tanah rantau.

Menanggapi itu, Pemkab Banyuwangi menggagas halalbihalal dalam konsep mudik online diaspora Banyuwangi tahun 2021, Minggu 16 Mei. Kegiatan ini langsung disambut oleh warga Banyuwangi yang berada di tanah rantau.

Kegiatan mudik online dihadiri oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Wakil Bupati Sugirah, hadir pula Forkopimda Kabupaten Banyuwangi. Pesertanya sendiri jumlahnya sangat luar biasa, mereka ada yang sedang berada di luar negeri, antara lain Arab Saudi, Korea Selatan, Lebanon, Hongkong dan masih banyak lagi. Tak ketinggalan pula para perantau dalam negeri yang berada di luar pulau Jawa, termasuk Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam kegiatan mudik online, rindu para perantau diobati dengan langsung menggelar dialog bersama Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi. Juga dengan sajian apik seni tari, lagu Osing dan kuliner khas Banyuwangi.

“Selamat lebaran dan selamat menjalankan aktivitas bagi semuanya. Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa,” sapa Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani secara virtual.

Sementara itu, mewakili warga Banyuwangi di Kabupaten Mamuju, Imik Eko Putro juga diberikan kesempatan bertutur sapa secara online. Secara umum Imik juga menyampaikan sejumlah catatan untuk program pengembangan daerah kedepan.

“Pertemuan mudik online sangat bagus karena sebagai alternatif ajang kangen saat lebaran tidak boleh mudik dan yang paling penting bisa mempertemukan banyak orang Banyuwangi/diaspora dari berbagai tempat di Indonesia dan belahan dunia,” kata Imik Eko Putro yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sulawesi Barat.

Dalam kesempatan itu, Imik juga memberikan saran serta harapan kepada Pemkab Banyuwangi. Antara lain agar memberikan perhatian khusus dalam menggelar halalbihalal secara virtual demi mengobati rasa rindu bagi anak rantau. Juga untuk mendukung program pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Bupti dan Wakil Bupati juga harus menyadari bahwa kelas Banyuwangi sudah tinggi sehingga harus diimbangi dengan pola pikir dan budaya yang dimiliki oleh pemimpinnya setara dengan pola pikir global tapi tetap tidak menghilangkan kearifan lokal dalam melaksanakan pemerintahan di Banyuwangi,” kata Imik.

Selain itu, menurut Imik, dalam upaya peningkatan ekonomi saat masa pandemi, keberadaan warga Banyuwangi di berbagai wilayah Indonesia dan belahan dunia merupakan peluang bagi produk UMKM bisa diperjuangkan menembus wilayah Indonesia dan luar negeri.

“Peluang itu bisa dimanfaatkan dan diolah dengan baik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga Banyuwangi dengan berbagai produk UMKM diupayakan menembus pasar global dengan sasaran awal warga Banyuwangi dan berikutnya penduduk mancanegara apalagi saat ini berbagai produk semakin dikenal dan media penjualan online sudah banyak dimanfaatkan untuk mempromosikan produk unggulan Banyuwangi,” urai Imik.

“Selanjutnya perlu diteruskan komunikasi aktif dengan masyarakat Banyuwangi di luar kota Banyuwangi dan seluruh dunia sebagai media sumbang saran berbagai hal positif untuk kemajuan dan kemakmuran warga dan kota Banyuwangi,” imbuhnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *