Harga Kebutuhan Pokok Masih Aman

  • Whatsapp
foto: Idrus Ipeng
Bupati Mamuju St Sutinah Suhardi bersama Forkopimda melakukan pemantauan harga dan stok bahan pokok di pasar Sentral Mamuju, Rabu 5 Mei 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Jajaran Pemkab Mamuju bersama Forkopimda menggelar pemantauan harga dan stok kebutuhan pokok jelang hari raya Idul Fitri. Hasilnya sampai saat ini masih terpantau aman.

Kunjungan yang dimulai sekira pukul 9.00 Wita dimulai dengan menyisir area pasar Sentral Mamuju, Rabu 5 Mei 2021.

Bacaan Lainnya

Dalam agenda pemantauan harga dan stok kebutuhan pokok ini, Bupati Mamuju St Sutinah Suhardi tampak sesekali bercengkrama dengan pedagang dan pengunjung pasar.

Bupati Mamuju mengaku, hingga saat ini stok dan harga kebutuhan pokok di dua pasar dalam kota Mamuju masih relatif stabil. Terjadi kenaikan beberapa bahan pangan namun tidak seberapa, demikian pula ketersediaannya juga dipastikan masih aman.

Ia berharap stabilnya harga dan kesiapan stok tetap terjaga hingga H-1 lebaran. Sehingga masyarakat dapat terbantu menyiapkan kebutuhan pada hari raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Terpisah, salah seorang pedagang di Pasar Regional Mamuju Mama Sifa juga mengakui harga dagangannya masih sama dengan sebelumnya. Dicontohkan harga telur sebelum Ramadan dikisaran Rp42 ribu per rak, hingga kini harga tersebut masih sama.

Meski berharap ketersediaan pasokan dan harga barang tetap normal namun ia belum bisa memastikan hal itu dapat terus demikian hingga Hari Raya Idul Fitri.

“Belum ditahu ini apakah nanti ada kenaikan atau tidak, tapi sampai sekarang belum naik harga. Bahkan sempat waktu itu turun harga telur,” kata pedagang yang telah enam tahun berjualan di Pasar Regional Mamuju ini.

Dalam kunjungan kedua pasar tersebut, rombongan Forkopimda juga menyempatkan memantau kondisi di salah satu toko grosir di area Pasar Sentral yakni Toko Subur. Di tempat itu bupati mengingatkan agar manajemen toko senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas demi mencegah penularan pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, dalam agenda pemantauan harga dan stok bahan pokok, Bupati Mamuju didampingi Dandim 1418, Kolonel Inf Tri Aji Sartono, Kajari Mamuju, Subekhan, dan Polresta Mamuju di wakili kabag OPS, Kompol Muh Imbar Bakri. Tim melakukan kunjungan ke Pasar Sentral dan Pasar Regional Mamuju.

Kepala Bidang Perlindungan Konsumen, Dinas Perdagangan Mamuju, Assyabri Rusli menjelaskan bahwa meski harga terpantau stabil, namun pihaknya tetap melakukan kontrol harga di pasaran.

“Kami akan tetap melakukan pemantauan utamanya jelang idul Fitri, termasuk harga dan pemenuhan kebutuhan stok pangan di Mamuju,” ucapnya.

Meski begitu, ia tidak menampik akan terjadi kenaikan harga tetapi itu tidak signifikan, apalagi ia menilai kebutuhan pasokan dari luar Mamuju terbilang lancar.

“Jelang lebaran pasti ada peningkatan harga, namun itu diprediksi tidak signifikan,” jelasnya.

Ia akan melakukan pengawasan ketat terhadap kualitas pasokan pangan yang masuk di Mamuju.

“Secara umum kebutuhan di Mamuju menjelang lebaran mencukupi, bahkan kami prediksi sampai setelah Ramadan masih cukup,” tandasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *