ITB Bakal Gratiskan UKT Seleksi Mandiri untuk Mahasiswa Kurang Mampu

  • Whatsapp
ITB Bakal Gratiskan UKT Seleksi Mandiri untuk Mahasiswa Kurang Mampu

KOTA BANDUNG – Jalur penerimaan Seleksi Mandiri yang dilaksanakan Institut Teknologi Bandung pada tahun ini memberikan keringanan pada mahasiswa kurang mampu, berupa pembebasan dari biaya pendaftaran dan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT). Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring M.Eng., di Bandung, Senin (3/5/2021).

“ITB memberikan pembebasan biaya pendaftaran bagi pendaftar dengan KIP-K atau keluarga kurang mampu setara dengan kriteria syarat KIP-K. Calon mahasiswa dapat dengan mengunggah kartu KIP-K atau keterangan tidak mampu,” kata Prof. Jaka Sembiring.

Untuk diketahui, dalam situs web resmi seleksi masuk ITB, biaya pendaftaran jalur Seleksi Mandiri yaitu sebesar Rp200 ribu untuk seluruh prodi selain prodi di FSRD, dan Rp300 ribu untuk FSRD.

Selain biaya pendaftaran, Prof. Jaka menegaskan bahwa ITB juga akan memberikan pembebasan Uang Kuliah Tunggal bagi calon mahasiswa kurang mampu yang lolos seleksi.  “Pertimbangan prestasi akademik yang tinggi adalah kriteria utama dan satu-satunya dalam proses penerimaan mahasiswa baru di ITB,” tegasnya melalui siaran resmi ITB.

Prof. Jaka memaparkan, bahwa jalur Seleksi Mandiri dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi.  Namun demikian pembebasan biaya pendaftaran dan kuliah bagi mahasiswa kurang mampu menunjukkan langkah ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun berprestasi tinggi.

Selain terbukanya kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu, jalur Seleksi Mandiri juga memberikan bentuk keringanan lain pada mahasiswa lain yang lolos seleksi. “Dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal, ITB memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukannya secara mencicil,” lanjut Prof. Jaka.

Pada jalur Seleksi Mandiri ITB tahun ini, calon mahasiswa akan memilih langsung program studi yang diinginkan. “Seluruh program studi menerima penerimaan jalur Seleksi Mandiri, kecuali program studi di ITB Kampus Cirebon. Hal ini dalam rangka insentif bagi program studi di ITB Kampus Cirebon,” papar Prof. Jaka.

Lebih lanjut, Prof. Jaka juga memaparkan bahwa seleksi dilakukan berdasarkan nilai UTBK 2021 dan nilai rapor SMA semester 1-6. “Khusus FSRD, akan dilakukan ujian gambar yang akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021,” katanya.

Pendaftaran untuk jalur Seleksi Mandiri dimulai pada Senin (3/5/2021) ini dan akan berakhir pada 10 Juni 2021. Informasi lebih lengkap mengenai persyaratan dan prosedur pendaftaran Seleksi Mandiri dapat dilihat pada situs web resmi https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri. (teguh)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *