Pelaporan SPT Tahunan Meningkat

  • Whatsapp
Pelaporan SPT Tahunan Meningkat
Petugas KPP Pratama Mamuju melayani wajib pajak, Rabu 5 Mei 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Penyampaian surat pemberitahuan (SPT) Tahunan pajak penghasilan (PPh) mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mamuju Hadinengrat Nusantoro, Rabu 5 Mei.

“Kalau dilihat dari datanya mengalami pertumbuhan ada 22.506 SPT yang diterima tahun 2021, sementara tahun lalu 22.474,” kata Hadinengrat.

Menurutnya, hal itu sangat perlu diapresiasi sebab meski dalam kondisi di tengah bencana dan pandemi, masyarakat sangat antusias melaporkan SPT-nya baik itu Badan atau Orang Pribadi (OP).

Sementara untuk pelaporan SPT Badan juga mengalami kenaikan, tahun ini sebanyak 1.141 SPT badan dibandingkan tahun lalu hanya 932.

“Penerimaan SPT Badan kita cukup baik cuman memang ini masih belum semua melaporkan, dimana wajib pajak badan ada 3.763, sementara yang masuk baru 30,32 persen yang menyampaikan baik dari perusahaan dan badan hukum di Mamuju,” jelasnya.

Pelaporan SPT Tahunan Meningkat

Ia menyarankan, walaupun masa pelaporan sudah berkahir pada 30 April lalu tetapi KPP Pratama Mamuju masih menerima wajib pajak yang ingin melaporkan SPT-nya. Baik itu secara online atau langsung ke kantor KPP Pratama Mamuju. Menurutnya, lebih baik terlambat dibandingkan tidak melaporkan sama sekali.

“Wajib pajak tetap kami layani untuk dapat melaporkan SPT dengan baik kapanpun walaupun terlambat,” jelasnya.

Ia menilai, kepada wajib pajak yang tidak melaporkan SPT akan riskan sebab akan berdampak pada wajib pajak berupa pemeriksaan dan pemberlakukan sanksi. “Sanksi bagi yang terlambat berupa denda keterlambatan,” tegasnya. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *