Pembukaan Musrenbangnas, Semua Harus Siap Hadapi Perubahan

  • Whatsapp
foto: IST
Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar didampingi Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengikuti pembukaan Musrenbang di rumah jabatan Gubernur Sulbar, Selasa 4 Mei 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2021 melalui video coference, Selasa 4 Mei 2021.

Agenda ini diikuti Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar didampingi Sekprov Sulbar Muhammad Idris di rumah jabatan Gubernur.

“Sebaik apapun perencanaan yang kita buat, kita juga harus siap untuk melakukan perubahan secara cepat, untuk menyesuaikan tantangan dengan peluang,” kata Joko Widodo, saat menyampaikan sambutannya.

Jokowi menuturkan, pandemi Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa dalam perencanaan pembangunan nasional.

“Yang tidak berubah adalah tujuan utamanya, yaitu untuk mensejahterakan rakyat, untuk memajukan bangsa, tetapi caranya sering kali harus berubah. Karena tantangan dan peluangnya setiap saat bisa berubah-ubah,” sebut Jokowi.

Presiden menegaskan, sinergi kekuatan bangsa membutuhkan pemecahan masalah yang harus  dihadapi, mulai dari masalah kesehatan, perekonomian, disiplin protokol kesehatan, 3T dan vaksinasi.

“Dibutuhkan keaktifan seluruh jajaran pemerintahan dari pusat sampai ke daerah. Demikian pula produktivitas dari kalangan industri yang kecil sampai besar untuk memproduksi alat kesehatan dan obat, juga dukungan dari negara lain. Ini juga sangat diperlukan,” tegasnya.

Menteri PPN/ Kepala Bapennas RI, Suharso Monoarfa menyampaikan tujuh program prioritas nasional tahun 2021. Diawali dari memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan, meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing, revolusi mental dan pembangunan kebudayaan, memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar, membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana, perubahan iklim, meningkatkan stabilitas polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

“Kementerian PPN/Bapennas telah menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP, red) tahun 2021 dengan agenda utama pembangunan mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial sebagai upaya mitigasi pandemi Covid-19,” beber Suharso.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir di rujab Gubernur Sulbar, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Junda Maulana, para kepala OPD terkait serta undangan lainnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *