BI-Dekranasda, Perkuat Industri Kerajinan

  • Whatsapp
FOTO: IST
BERKOLABORASI. Kepala Perwakilan BI Sulbar, Budi Sudaryono bersama Ketua Dekranasda, Andi Ruskati Ali Baal saat penandatangan nota kerja sama, di Rumah Jabatan Gubernur, Minggu 20 Juni 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat berkomitmen meningkatkan sinergi dalam memacu perekonomian di Sulbar.

Saling mendukung, kolaborasi serta kerja sama Pemda beserta instansi vertikal dalam mengembangkan perekonomian, salah satunya melalui pengembangan kerajinan daerah.

Bacaan Lainnya

Demikian penekanan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat, Budi Sudaryono, belum lama ini.

Dijelaskan, salah satu upaya mendukung kebijakan pemerintah untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional Bank Indonesia turut serta dalam sinergi kebijakan yang ditujukan untuk peningkatan pemberdayaan UMKM, pariwisata prioritas, dan pengembangan ekonomi syariah.

Dalam konteks pemberdayaan UMKM, khususnya pelaku usaha di bidang industri kreatif, kerajinan, dan fashion serta mendukung program nasional, BI Sulbar bersinergi dengan Dewan Kerajinan Nasional

Daerah (Dekranasda) Sulbar melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama dan Koordinasi dalam rangka Pengembangan Kerajinan Daerah.

“Ini juga merupakan wujud sinergi dalam rangka mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (GBWI),” tegas Budi.

Penandatanganan dilakukan oleh Budi Sudaryono serta Ketua Dekranasda Sulbar, Andi Ruskati Ali Baal di Rumah Jabatan Gubernur, pada Minggu 20 Juni, lalu.

Kesepahaman menekankan pada kerja sama pengembangan kerajinan daerah, untuk mendukung kemudahan akses pembiayaan bagi UMKM kerajinan serta peningkatan produksi serta akses pasar.

“Itu juga sejalan dengan peran pengembangan UMKM Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat untuk mendorong penguatan kelembagaan pelaku usaha, meningkatkan kapasitas produksi, mendukung penguatan akses pembiayaan pelaku usaha,” tandas Budi. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *