Insan Ombudsman Diingatkan Jaga Independensi

  • Whatsapp
Insan Ombudsman Diingatkan Jaga Independensi

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Pimpinan Ombudsman RI, Robert Na Endi Jaweng menyempatkan diri berkunjung ke Sulawesi Barat dalam rangka persiapan penilaian kepatuhan penyelenggara pelayanan publik.

“Pelayanan publik itu merupakan inti dari proses pemerintahan. Pelayanan publik itu hadir atau absennya negara. Jadi jangan merasa sibuk dan capek tetapi itu tidak ada hasilnya untuk masyarakat, jangan-jangan kita ini sibuk untuk diri sendiri,” ungkap Robert.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Robert menyampaikan juga tugas dan kewenangan Ombudsman dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik.

“Tugas ombudsman itu ada dua yaitu memproses pengaduan masyarakat terkait pelayanan publik dan yang kedua yaitu mencegah terjadinya maladministrasi,” tambahnya.

Robert juga berharap pemerintah daerah bisa bersinergi dengan Ombudsman yang ada di perwakilan Sulawesi Barat.

“Hadirnya Ombudsman bisa menjadi mitra pemerintah daerah dan perlu didukung. Meskipun demikian, lembaga ini tetap akan bekerja sesuai dengan regulasi yang ada. Karena independensi adalah mahkota Ombudsman dan beralaskan pada integritas,” tegas Robert.

Dalam kunjungan itu, Robert juga menyampaikan harapannya semoga penilaian kepatuhan tahun 2021 terhadap penyeleggara pelayanan publik bisa memperoleh nilai kepatuhan hijau atau tinggi.

“Intinya, selama dua hari ini, kita sudah memberikan pendampingan kepada instansi yang akan kita nilai,” pungkas Robert. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *