Pelabuhan Feri Siap Direhab

  • Whatsapp
FOTO: IST
LUMPUH. Pasca Gempa Mamuju Pelabuhan Feri Mamuju tidak lagi beroperasi. Aktivitas di pelabuhan sampai saat ini masih lumpuh. Mamuju, Minggu 20 Juni 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Gempa Bumi pada 15 Januari, lalu, mengakibatkan sejumlah fasilitas publik mengalami kerusakan. Salah satunya Pelabuhan Feri Kecamatan Simboro, Mamuju. Hingga kini belum beroperasi.

Kepala Dinas Perhubungan Sulbar, Maddareski Salatin mengaku telah mengkomunikasikan problem tersebut kepada pihak Kementerian Perhubungan dan Tim Teknhnis PT. ASDP Indonesia Feri.

Harapannya, perbaikan pelabuhan bisa segera dilakukan. “Target kita perlabuhan sudah bisa beroperasi tahun depan, jadi pekerjaannya diupayakan selesai tahun ini,” ujar Maddareski, Minggu 20 Juni.

Menurutnya, tujuh anggota tim teknis PT. ASDP Indonesia Ferry secepatnya turun ke lapangan untuk melakukan assesment terkait kerusakan Pelabuhan Feri Mamuju.

Maddareski menyebutkan, pada bagian dermaga bakal ditarget sudah dikerjakan pada Juli 2021. Sementara untuk sisi darat, seperti gedung kantor dikerjakan November mendatang.

Sementara Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara Dishub Sulbar, Nicolas Torano menambahkan bahwa selama ini hanya satu armada yang beroperasi di pelabuhan Feri Mamuju. Itupun sekali dalam dua hari.

Dia menambahkan, karena terdampak gempa sehingga pelabuhan saat ini tak beroperasi sementara waktu.

Sementara di sisi lain kata dia, sangat banyak peluang Pendapatan Asli Daerah yang terpaksa harus beralih ke daerah tetangga. Seperti distribusi atau penyeberangan produk pertanian dari Sulbar ke Kalimantan.

“Pasca gempa, pelabuhan kita tutup. Harus beralih ke Pelabuhan Pare-Pare Sulawesi Selatan, dan ke Palu Sulawesi Tengah,” tandasnya. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *