Sulbar Mendominasi Lulusan Saintek SBMPTN

  • Whatsapp
Sulbar Mendominasi Lulusan Saintek SBMPTN
Prof Gufran Darma Dirawan

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021.

Khusus untuk program Sains dan Teknologi (Saintek), Sulbar meraih rangking satu rata-rata nasional.

“Bahwa anak-anak Sulbar bisa bersaing dengan nasional. Jadi total sekarang yang sudah terinput 3.600 sampai 3.700 yang telah lulus. Jika di total secara umum kapasitasnya 60 persen dari seluruh anak Sulbar yang telah lulus tahun ini. Membuktikan kualitas membaik secara umum,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Sulbar, Prof Gufran Darma Dirawan, kemarin.

Menurutnya, keberhasilan generasi-generasi Sulbar menembus SBMPTN, merupakan pencapaian yang luar biasa yang didapatkan Sulbar.

“Ini membuktikan kualitas pendidikan di Sulbar sudah mulai membaik, proses pembelajaran mulai membaik,” kata Gufran, saat dikonfirmasi Senin 14 Juni.

Dijelaskan, dari Sulbar ada 4.458 peserta. Lolos seleksi mencapai 1.371 orang. Presentasenya mencapai 30,75 persen.

Capaian tersebut disusul Provinsi Maluku 24,66 persen, Sulawesi Tengah (22,56 persen), Sulawesi Utara (22,31 persen), Gorontalo (21,52 persen), Maluku Utara (20,99 persen), Aceh (20,53 persen), Kalimantan Utara (19,69 persen), Papua (19,09 persen), dan Provinsi Nusa Tenggara Timur sebesar 18,85 persen.

Ia mengaku keberhasilan Sulbar juga tidak terlepas, karena bahan pelatihan yang telah diberikan kepada setiap sekolah yang ada di Sulbar untuk diajarkan.

“Mudah-mudahan kita bisa pertahankan, dan tahun depan bisa dengan kapasitas jauh lebih besar bukan hanya 30 persen kita naikkan menjadi 35 persen,” harap Prof Gufran.

Ia menjelaskan, keberhasilan itu juga menjadi cambuk kepada seluruh siswa dan guru di Sulbar, khususnya kepala sekolah untuk lebih meningkatkan kualitas anak didik kedepannya.

“Jadi teman-teman sekarang sisa bagaimana berkompetisi dengan baik, karena kualitasnya sama,” harapnya.

LTMPT melansir 777.858 peserta yang ikut dalam proses SBMPTN 2021. Tercatat 184.942 orang dinyatakan lolos seleksi.

SBMPTN 2021 diikuti 74 Universitas dan Institut Negeri, 12 Vokasi di Universitas dan Institut, serta 40 Politeknik Negeri dan 11 PTKIN.

Menjadi kebanggan bagi Sulbar tahun ini, karena tidak sedikit lulusan SMA sederajat asal provinsi ke-33 ini yang berhasil menembus perguruan tinggi ternama, seperti Universitas Gajah Mada (UGM).

Sementara Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengatakan, pihaknya merasa bersyukur dan menggembirakan Sulbar bisa masuk 10 besar dan menduduki peringkat pertama secara nasional untuk lulusan program Saintek.

“Ini sudah kita sampaikan sejak tahun 2019, indikator ini bisa kita capai melalui pengorganisasian dengan baik, terutama kerja bersama di Diknas, Kepala Sekolah,” ujarnya.

Hal tersebut bisa dijadikan sebagai momentum bahwa IPM di Sulbar semakin baik, termasuk pengelolaan pendidikan bisa semakin baik.

“Ini kesyukuran tetapi sekaligus beban untuk memaknai,” tandas Muhammad Idris. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *