Survei Individu Desa Betteng 1146

  • Whatsapp
Survei Individu Desa Betteng 1146
SDGs. Pemdes Betteng Kecamatan Pamboang menggelar Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pemutakhiran Data SDGs Desa Betteng, di Aula Kantor Desa Betteng.

MAJENE, SULBAREXPRESS.CO.ID – Sustainable Development Goals (SDGs) merupakan suatu rencana aksi global, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pendataan SDGs Desa 2021 untuk mengimplementasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat berbasis data. Proses penggalian pengumpulan pencatatan verifikasi dan validasi data SDGs Desa dilaksanakan Kelompok Kerja Relawan Pendataan Desa.

Dalam konteks pembangunan desa, dibutuhkan arah pembangunan yang lebih sesuai kondisi lapangan. Yaitu yang detil atau mikro, mencakup aspek metode, substansi dan tujuan akhir, serta tertuju pada kawasan yang sangat kecil, sampai pada pemanfaat keluarga atau individu.

Berdasarkan pengalaman penyusunan data mikro by name by address untuk Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, yaitu mendata dari desa adalah satu-satunya kesempatan untuk memutakhirkan data mikro.

Tujuan pendataan SDGs Desa adalah menyusun Pokja Relawan Pendataan Desa, memutakhirkan data pada level desa, rukun tetangga, keluarga dan warga, menganalisis data sesuai kaidah SDGs Desa dan merekomendasikan pembangunan desa serta pemberdayaan masyarakat sesuai hasil analisis.

“Pemutakhiran data SDGs Desa adalah pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak,” tutur Sultan Kades Betteng Kecamatan Pamboang setelah menggelar Musyawarah Desa Penetapan Hasil Pemutakhiran Data SDGs Desa Betteng, di Aula Kantor Desa Betteng, Rabu 9 Juni.

Dijelaskan, survei jumlah individu yang telah didata sebanyak 1.146 jiwa, serta data individu, pekerjaan, penghasilan, kesehatan, disabilitas dan pendidikan yang dilakukan dengan metode by Name by Address.

“Untuk survei jumlah keluarga yang telah didata sebanyak 284 KK (Kartu Keluarga), serta data diskripsi lokasi, akses pendidikan, akses kesehatan, akses tenaga kesehatan, akses sarana prasarana, dan lain-lain. Sementara jumlah KK yang belum mempunyai nomor dan NIK KK sebanyak 0 KK,” urainya.

Ia berharap, dengan ditetapkannya hasil pemutakhiran data SDGS Desa Betteng maka acuan perencanaan pembangunan Desa yg berkelanjutan itu sdh Sah. “Kami sangat berharap semoga kedepannya tidak ada lagi kegiatan yang lahir karena keinginan akan tetapi kegiatan yang memang karena dibutuhkan,” pungkasnya.(hfd/smd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *