Kejar Target Proyek Mapilli-Piriang

  • Whatsapp
IST
DIGENJOT. Sejumlah pekerja melakukan pembangunan bagian proyek jalan Mapilli-Ambopadang-Tutar, Kabupaten Polewali Mandar. Gambar lain; Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar bersama Wakil Ketua III DPRD Sulbar Abdul Rahim dan Kepala Dinas PU Sulbar, Muh Akhsan saat meninjau progres pengerjaan jalan tersebut. Polman, Sabtu 3 Juli 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Memacu pembangunan di seluruh wilayah Sulbar, tak bisa lepas dari sinergitas. Utamanya bagi pemerintah provinsi dan kabupaten.

Sulawesi Barat masih harus mengejar ketertinggalan pada beberapa sektor pembangunan, terkhusus infrastrutur. Hal inilah yang kini digenjot oleh Pemprov Sulbar. Salah satunya pembangunan ruas jalan Mapilli-Ambopadang-Tutar di Kecamatan Tubbi Taramanu (Tutar).

Bacaan Lainnya

Tahun ini, Pemerintahan Gubernur dan Wagub, Ali Baal Masdar dan Enny Anggraeni Anwar menarget perampungan peningkatan ruas tersebut, sepanjang 48 Kilometer.

Menurut Gubernur Ali Baal, mempercepat pembangunan dibutuhkan sinergitas antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, sehingga prosesnya dapat segera selesai.
“Tentunya ini membutuhkan sinergitas antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten, sehingga harapan kita bersama dapat segera terwujud,” ujarnya, Sabtu 3 Juli 2021.

Ia berkomitmen pembangunan ruas jalan akan terus dilanjutkan, diawali pembangunan jalan sepanjang 10 Km dan dikerjakan tahap demi tahap, sesuai dengan kondisi dan kemampuan keuangan daerah. Meski demikian, Pemprov Sulbar optimis tahun ini rampung sepanjang 48 Km.

Sebab akses jalan memadai akan sangat menunjang pertumbuhan perekonomian dan berdampak positif bagi pengembangan pendidikan, kesehatan, pertanian serta perkebunan.

“Semuanya kita harap dapat berkembang dan dapat bermanfaat bagi daerah serta masyarakat. Alhamdulillah internet Marasa juga sudah masuk, begitu juga kebutuhan PLN sudah tersedia, tinggal satu dusun lagi yang perlu diselesaikan kedepan, disebabkan akses jalan yang masih sulit ditembus, namun jika jalan sudah dapat dikerjakan maka secara otomatis kebutuhan listrik di sana juga akan terpenuhi,” urai gubernur.

Diketahui, Sabtu lalu, Gubernur bersama Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abdul Rahim dan Kepala Dinas PUPR Sulbar, Muh. Aksan memantau perkembangan pengerjaan jalan Mapilli-Tutar di Kabupaten Polewali Mandar.

Dilakukan untuk memastikan progres pembangunan sesuai harapan. Apalagi sudah menelan anggaran yang tidak sedikit.
Wakil Ketua III DPRD Sulbar, Abdul Rahim menyampaikan, kunjungan kerja tersebut dalam rangka memastikan ruas jalan yang sedang dikerjakan melalui dana bantuan pinjaman mencapai Rp 49 miliar lebih.

“Ini merupakan komitmen nyata dari Gubernur Sulbar untuk melihat Tutar dapat terus berkembang maju, terutama dari ketersediaan infrastruktur jalan dan menjadi prioritas kebutuhan penting oleh masyarakat sejak dari dulu,” sebut Rahim.

Legislator dari Partai NasDem ini menuturkan, berdasarkan pantauannya, akan segera dilakukan efesiensi dan perpanjangan volume jalan di beberapa titik, baik yang telah pengerasan jalan maupun pengaspalan.

Kepala Dinas PUPR Sulbar, Muh Aksan menjelaskan, pembangunan jalan di Kabupaten Polman khususnya di daerah Tutar tersebut dinilai tidak menemukan kendala dari masyarakat sekitar.

Justru masyarakat menunjukkan antusias dengan cara memberikan lahan dan tanamannya untuk pembangunan akses jalan, sehingga dapat mempercepat pembangunan infrastruktur jalan oleh Pemprov Sulbar.

Disampaikan, terdapat beberapa ruas jalan yang telah dilakukan pemeliharaan. Hal itu dilakukan untuk menjamin lalu lintas masyarakat dapat terus berjalan, sehingga pemerintah provinsi dapat dengan mudah melakukan program pemeliharaan jalan.

“Untuk Jalan Mapilli-Piriang itu ada 48 Km. Kemarin itu sudah ada (pengerjaan) 20 Km. Dan kalau ada bantuan PEN nanti, kita dapat kerjakan lagi sepanjang 10 Km sehingga jadi 30 Km. Untuk dapat tembus ke daerah perbatasan tersisa 18 Km lagi,” tandas Aksan. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *