OPD Diminta Percepat Realisasi DAK Fisik

  • Whatsapp
OPD Diminta Percepat Realisasi DAK Fisik
Sekretaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris DP

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Upaya Pemprov Sulbar mempercepat pemanfaatan serapan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun 2021 belum berjalan maksimal. Olehnya akan dilakukan evaluasi terhadap OPD yang memiliki DAK fisik dengan nilai besar.

Hal tersebut menjadi tantangan dan evaluasi tersendiri terhadap serapan anggaran yang masih rendah. Pemprov meminta seluruh OPD bekerja maksimal untuk meningkatkan serapan anggaran sehingga dengan begitu diharapkan dapat berkontribusi positif bagi akselerasi perekonomian nasional dan Provinsi Sulawesi Barat.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Provinsi Sulbar, Muhammad Idris DP, mengatakan berdasarkan hasil rapat koordinasi yang telah dilakukan, Pemprov tidak hanya akan fokus pada DAK Fisik tetapi juga akan fokus pada program di OPD yang akan dievaluasi terutama mengenai serapan anggaran.

“Terkait serapan anggaran itu menjadi perhatian Gubernur. Jadi kalau selama ini ada OPD yang merasa tidak penting tidak ada tindakan, atau efek dominonya tahun ini pak gubernur sudah memberikan perhatian khusus,” kata Idris, Senin 5 Juli.

Ia pun meminta komitmen dari seluruh OPD untuk melakukan percepatan, utamanya bagi OPD yang sebelumnya mengalami masalah terhadap realisasi DAK pada tahun sebelumnya.

“Karena Gubernur sudah berikan perintah kepada saya untuk memastikan kawan-kawan yang DAK fisiknya besar untuk terus diingatkan, karena jangan sampai mereka tidak mencapai target-target yang diharapkan. Untuk OPD yang masih rendah sarapannya itu segera melakukan percepatan, karena sudah mengetahui kapan deadline-nya untuk program tertentu atau kegiatan tertentu itu harus diberi perhatian khusus untuk DAK yang besar,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa OPD yang menjadi perhatian khusus memiliki DAK fisik yang besar seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan Perumahan dan Dinas Pertanian.

“Ini OPD yang besar DAK-nya harus melipat gandakan kekuatannya, untuk memastikan targetnya terwujud,” tandas Idris. (idr/sol)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *