Pemenuhan Hak Anak Jangan Sebatas Wacana

  • Whatsapp
FOTO: IST
VIRTUAL. Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Asisten III bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sulbar, Djamilah di momen Puncak Peringatan HAN secara, Jumat 23 Juli 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Pemenuhan hak-hak anak harus mendapat jaminan dari para pemangku kepentingan di seluruh wilayah tanah air. Jangan hanya sebatas slogan.

Demikian salah satu poin penting dalam Perayaan Hari Anak Nasional (HAN) 2021, yang berlangsung secara virtual, Jumat lalu.

Bacaan Lainnya

Agenda ini turut diikuti Gubernur dan beberapa pejabat terkait di Provinsi Sulawesi Barat.
Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar menyampaikan dukungan penuh terhadap kepentingan para generasi penerus bangsa, khususnya di provinsi ke-33.

“Kita akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menciptakan generasi emas, dengan harapan generasi kita dapat terus terjaga, tumbuh berkembang, belajar dan bermain, agar menjadi penerus dan pelanjut generasi ke depan,” jelasnya.

Peringatan HAN tahun ini mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Menampilkan berbagai kreatifitas anak Indonesia dari Sabang sampai Merauke, disaksikan Presiden RI Joko Widodo.

Presiden mengapresiasi semangat anak-anak Indonesia yang tetap terjaga meski masih harus belajar di rumah.

“Tetaplah semangat belajar dan bermain di rumah untuk sementara waktu. Anak-anakku, anak-anakku semua masa depan Indonesia. Harus semangat belajar, riang gembira, rajin beribadah, jangan lupa berdoa kepada Tuhan, memohon perlindungan bagi kita semua, bagi Bangsa Indonesia. Selamat Hari Anak Nasional untuk semua anak-anakku di Indonesia. Anak-anak terlindungi, Indonesia Maju,” ujar Presiden via virtual.

Jokowi juga mencoba mengurai kondisi yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Salah satunya, mengingatkan pentingnya disiplin protokol kesehatan di masa pandemi, untuk menghindari penularan Covid-19.

“Saya meminta kepada anak-anak untuk terus memakai masker, rajin mencuci tangan dengan sabun setiap setelah melakukan kegiatan, menjaga jarak apabila berbicara dengan orang lain serta mengingatkan teman-teman atau orang lain selalu memakai masker jika keluar rumah,”ujarnya.

Pada kesempatan sama, Menteri PPPA, Bintang Puspayoga juga mengimbau kepada seluruh pimpinan daerah baik tingkat provinsi, kabupaten maupun kota untuk bersama-sama berperan dalam mensukseskan percepatan vaksinasi terhadap anak-anak.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia untuk berpartisipasi dalam menjamin pemenuhan hak-hak anak, serta memberikan perlindungan bagi anak dari kekerasan dan diskriminasi.

Bintang Puspayoga juga berharap kepada anak-anak Indonesia untuk tetap menaati protokol kesehatan. Bahkan, pihaknya juga meminta para orang tua untuk segera membawa anaknya yang berusia di atas 12 tahun untuk mendapatkan vaksinasi.

“Mari kita edukasi anak-anak di seluruh pelosok Tanah Air dan orang tua sebagai pendamping, tetap harus menaati prokes serta memanfaatkan vaksinasi untuk anak di atas usia 12 tahun. Ini yang terus kita gelorakan di Hari Anak Nasional ini,” tandasnya.

Saat mengikuti momentum peringatan HAN, Gubernur Sulbar didampingi Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Sulbar, Darwin Yusuf bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sulbar, Djamilah. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *