Penerimaan Mulai Menggairahkan, KPP Mamuju Hadirkan Kemudahan di Tengah Pandemi

  • Whatsapp
FOTO: IDRUS IPENK
MENJELASKAN. Kepala KPP Pratama Mamuju, Ikhsan berbincang dengan Direktur Sulbar Express, Kamis 15 Juli 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Penerimaan Pajak di wilayah Mamuju mulai membaik. ada kenaikan dari tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mamuju, Ikhsan, kinerja penerimaan pajak terdorong agenda pemulihan ekonomi, seperti pemberian insentif.

“Kita posisinya saat ini 58,47 persen dari target Rp 458.04 miliar, realisasinya sampai hari ini Rp 267,81 miliar,” jelasnya di Mamuju, Kamis 15 Juli 2021.

Penerimaan negar turut didukung sektor pertanian, kehutanan dan perikanan yang tercatat senilai Rp 64,42 M atau sebesar 24,39 persen.

“Ini berkat partisipasi dan kontribusi dari wajib pajak, sampai bulan ini penerimaan wajib pajak sudah bagus, mudah-mudahan bisa semakin maju,” harap Ikhsan di kantornya.

Kondisi tersebut menjadi pencapaian positif dan catatan tersendiri bagi pihaknya pada momentum hari pajak ke-76 tahun ini.

“Penerimaan pajak saat ini sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat, dan pelaku usaha agar bisa bertahan di tengah kondisi sulit saat ini,” kata dia.

Peringatan Hari Pajak pada 14 Juli, mengusung tema “Bersama Pajak Atasi Pandemi, Pulihkan Ekonomi”.

Kepada SUlbar Express, Ikhsan juga menyampaikan beberapa capaian lain dan kebijakan terkait perpajakan di tengah pandemi Covid-19.

“Kita semua KPP bersama seluruh komponen masyarakat mesti bahu-membahu, ambil bagian dalam menahan laju kenaikan kasus covid. Ini menjadi program di semua KPP,” sebutnya.

Pihaknya pun melakukan pembatasan jumlah pegawai masuk kantor dengan memberlakukan kebijakan Work From Home (WFH), menggalakkan vaksinasi, serta tes pcr dua kali dalam sebulan.

“Meski begitu para pegawai dituntut untuk tetap produktif. Dengan semangat Hari Pajak ini diharapkan dapat meneguhkan kembali komitmen seluruh pegawai untuk menjadi bagian dari solusi penanganan permasalahan masyarakat, khususnya saat pandemi ini,” urainya.

Selain itu, di Hari pajak tahun ini, pihaknya melaunching aplikasi M-Pajak dimana wajib pajak akan mendapatkan layanan personal, cepat dan mudah.

“Aplikasi tersebut dapat diunduh di play store di android setiap wajib pajak,” ucap Ikhsan.
M-Pajak memiliki beberapa fitur yang dapat digunakan wajib pajak, diantaranya menu e-Billing, kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) digital, informasi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat, pengingat batas waktu penyetoran dan pelaporan pajak, serta informasi peraturan perpajakan terbaru.

Pihaknya berharap dengan aplikasi tersebut, dapat mempermudah layanan kepada seluruh wajib pajak di tengah pandemi.

Kedepan ia mengaku akan melakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM di Mamuju melalui program Bisnis Development Service, dengan mengandeng instansi terkait dan juga dari Perbankan.

“Kita akan melakukan kerja sama dengan instansi lain, seperti perbankan Pemkab dan Pemprov di wilayah Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu,” tandas Ikhsan. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *