STIE Mamuju Jadi Universitas

  • Whatsapp
FOTO: IDRUS IPENK
NAIK STATUS. Kondisi gedung Universitas Muhammadiyah Mamuju tampak dari depan. Mamuju, Rabu 30 Juni 2021.

MAMUJU, SULBAREXPRESS.CO.ID – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Mamuju kini resmi menjadi sebuah universitas.

Universitas Muhammadiyah Mamuju telah mengantongi salinan SK dari LLDikti. Pihak kampus tinggal menunggu penyerahan dokumen resmi dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) IX.

Bacaan Lainnya

Serah terima SK terjadwal pada Jumat 2 Juli, mendatang. Demikian disampaikan Ketua Universitas Muhammadiyah Mamuju, Muchtar Baso di Mamuju, Rabu 30 Juni 2021.

“Kita terima kabar bahwa SK itu sudah keluar, kemudian oleh LLDikti wilayah IX menjadwalkan menyerahkan langsung SK itu di Mamuju, di kampus ini. Kami juga sudah rapat persiapan terkait penyerahan. Selanjutnya kita bakal melaunchingnya,” kata Muchtar, Rabu 30 Juni.

Ia menjelaskan, saat ini status universitas sudah bisa disematkan pada kampus tersebut dan tidak lagi bernama sekolah tinggi.

“Kalau status saya saat ini masih ketua, belum rektor. Setelah penyerahan SK baru rektornya diajukan,” ucapnya.

Muchtar menambahkan, perubahan status tersebut merupakan usulan dari perserikatan Muhammadiyah dan usulan kampus sendiri untuk menjadikannya universitas.

Sisi lain, kata dia, salah satu syarat agar bisa menjadi universitas adalah minimal memiliki lima program studi.

“Kami sudah ada dua program studi (manajemen dan ekonomi pembangunan, red), sebenarnya kita cukup tambah tiga program studi saja, tetapi dengan pertimbangan jangan sampai ada program studi tidak lolos, maka kami usul lima program studi baru. Tetapi, yang lolos hanya empat. Jadi, ada empat tambahan program studi baru. Totalnya enam program studi,” urainya.

Program studi dimaksud, yakni teknik perencanaan wilayah dan kota (PWK), peternakan, agribisnis, teknologi hasil perikanan dan manajemen sumber daya perairan. Hanya saja, secara dokumen teknik PWK tidak lolos. Namun, tetap memenuhi syarat.

“Jadi nanti kami akan punya tiga fakultas, yakni fakultas ekonomi dan bisnis sebagai kampus utama, fakultas teknik, peternakan dan agribisnis di kampus satu Jl, Pattalunru, Mamuju,” jelasnya.
Muchtar mengaku, rencananya pembangunan gedung baru Universitas Muhammadiya Mamuju bakal dibangun di Desa Bambu, Kecamatan Mamuju.

Diketahui, STIE Muhammadiyah Mamuju terbentuk atas gagasan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Mamuju dengan membentuk panitia penyelenggara.

Pembentukan dituangkan dalam Surat Keputusan No. A2/022/SK-PDM-MU/1416 yang menetapkan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Mamuju pada 14 Februari 1996, bertepatan 24 Ramadhan 1416 Hijriah.

STIE Muhammadiyah berdiri atas Rekomendasi Pimpinan Wilayah Sulawesi Selatan No: I.A/1.f/013/1416 Perihal Permintaan Rekomendasi STIE Muhammadiyah Mamuju tanggal 10 April 1996 M bertepatan dengan 21 Dzulkaidah 1416 H.

Kampus ini juga telah mendapat akreditasi B dari BAN-PT dengan 1.112 mahasiswa yang terdiri dari 859 dari Prodi Manajemen dan 253 Ekonomi Pembangunan. (idr/chm)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *